Ilustrasi pergi berlibur besama keluarga saat liburan sekolah. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Liburan sekolah merupakan suatu masa yang dinantikan oleh peserta didik dan suatu masa di mana peserta didik dapat meluangkan waktu yang bebas dari tugas sekolah dan liburan ini adalah bisa refresing setelah lama belajar yang menguras pikiran.

Setiap kegiatan dalam liburan sekolah memberikan nilai tambah tersendiri bagi perkembangan siswa dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Bagi sebagian orang, libur sekolah menjadi waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan jauh, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Travelling atau berwisata ke suatu tempat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

Namun, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal ketika membuat perencanaan pergi berlibur agar perjalananmu bisa berjalan dengan baik dan menjadi pengalaman yang berkesan.

Dilansir dari Suara.com, berikut lima hal yang perlu dipertimbangkan sebelum pergi berlibur ke suatu tempat.

1. Anggaran (Budget) Liburan

Menghitung anggaran (budget) untuk liburan menjadi pertimbangan finansial yang penting untuk dilakukan. Menetapkan anggaran liburan perlu dilakukan agar pengeluaranmu selama pergi berlibur tidak membengkak.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menetapkan anggaran liburan, misalnya seperti biaya transportasi, harga penginapan, biaya makan dan minum, anggaran untuk belanja oleh-oleh, harga tiket lokasi wisata, dan antisipasi pengeluaran tidak terduga.

Sebaiknya persiapkan anggaran liburanmu dari jauh-jauh hari, sehingga kamu bisa memperhitungkan lebih matang anggaran liburan yang tidak memberatkan kondisi keuanganmu dan dapat menentukan destinasi wisata yang sesuai dengan anggaran tersebut.

2. Kondisi Cuaca

Mengecek prakiraan cuaca juga menjadi pertimbangan penting untuk persiapan liburan. Dengan mengecek prakiraan cuaca, kamu bisa menyesuaikan perlengkapan apa saja yang perlu dibawa untuk pergi berlibur sesuai cuaca di daerah tujuan wisatamu.

Jika kamu akan pergi berlibur di dalam negeri, kamu bisa mengecek informasi prakiraan cuaca yang dibagikan oleh BMKG via akun media sosial atau aplikasi Info BMKG. Jika kamu akan pergi berlibur ke luar negeri, kamu bisa mengunduh aplikasi cuaca atau mencari prakiraan cuaca negara tujuanmu di mesin pencari.

3. Keamanan

Keamanan menjadi aspek penting yang harus dipertimbangkan ketika ingin pergi berlibur. Keamanan saat pergi berlibur tidak hanya mencakup aman dari potensi menjadi korban tindak kriminal, tetapi juga aman dari potensi terkena bencana atau terserang penyakit menular yang berbahaya.

Misalnya, kamu berencana akan mendaki salah satu gunung berapi di Indonesia untuk liburan akhir tahun. Kamu bisa mengecek status aktivitas gunung tersebut di situs web PVMBG dan mencari informasi seputar pendakian dari pihak pengelola kawasan gunung tersebut. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar kamu mengetahui apakah aman untuk pergi ke lokasi tersebut.

Kamu juga bisa mencari tahu “Do’s and Don’ts” (hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan) di tempat wisata yang ingin kamu kunjungi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat pergi berlibur.

Jika kamu berencana pergi ke destinasi wisata yang memiliki potensi bahaya cukup tinggi (rawan tindak kriminal, bencana atau adanya endemi penyakit berbahaya), kamu perlu mempertimbangkan lebih lanjut kemungkinan risiko yang akan dihadapi jika pergi ke tempat tersebut.

4. Transportasi

Untuk pergi ke suatu lokasi yang jauh dan sulit untuk ditempuh dengan jalan kaki, tentunya kita memerlukan transportasi yang dapat menjangkau lokasi tersebut.

Maka itu, kamu perlu menentukan transportasi apa yang sebaiknya kamu gunakan untuk pergi berlibur. Kamu perlu mempertimbangkan ketersediaan transportasi di daerah wisata yang ingin dikunjungi, biaya transportasi, dan pilihan transportasi yang sesuai dengan kebutuhan perjalananmu.

Daerah perkotaan tentunya menawarkan transportasi yang lebih lengkap dan beragam dibandingkan daerah pedesaan. Pergi berlibur di daerah perkotaan cenderung memudahkan wisatawan untuk menentukan pilihan transportasi yang sesuai dengan budget.

Jika destinasi wisatamu jauh dari kota dan sulit dijangkau oleh kendaraan umum, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil sekaligus dengan jasa sopirnya apabila tidak punya keahlian berkendara.

5. Kesehatan

Sebelum pergi berlibur, tentunya kamu perlu memerhatikan kondisi kesehatanmu. Pastikan kamu berangkat dalam kondisi yang prima agar kamu benar-benar dapat menikmati liburanmu.

Jangan memaksakan diri untuk pergi berlibur ketika kamu sedang sakit karena hal tersebut justru akan menyulitkan dirimu sendiri atau bahkan menyulitkan orang terdekatmu yang ikut pergi berlibur bersamamu.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan medical check up terlebih dahulu sebelum pergi berlibur untuk mengetahui kondisi kesehatanmu lebih lanjut.

Meskipun kamu berangkat dalam kondisi sehat, tetaplah bawa perlengkapan medis secukupnya agar kamu bisa langsung melakukan pengobatan mandiri jika tiba-tiba terserang penyakit atau terluka saat pergi liburan.

Perlengkapan medis yang perlu dibawa untuk pergi berlibur di antaranya yakni obat-obatan, plester luka, cairan antiseptik luka, hand sanitizer, dan masker medis.

Apakah kamu sudah mempertimbangkan hal-hal di atas sebelum pergi berlibur?

Claudia