Anggota Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan sedang melakukan pengamatan satwa di kawasan hutan di Kecamatan Pulokulon, Grobogan dalam rangka Krida Reksa Wana. Foto: Dok Perhutani KPH Purwodadi

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan menemukan beberapa jenis burung yang nyaris punah seperti cekakak jawa dan bubut alang-alang saat melakukan pengamatan langsung di kawasan hutan di Kecamatan Pulokulon, Grobogan, Sabtu (15/6/2024).

Mereka yang melakukan pengamatan adalah 10 anggota Pramuka Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan yang berpangkalan di Perum Perhutani KPH Purwodadi yang melaksanakan Pendalaman Krida Reksa Wana dengan mengamati satwa di kawasan hutan.

“Kegiatan dilaksanakan Sabtu 15 Juni 2024 di Petak 53 RPH Tlogomanik, BKPH Pojok, KPH Purwodadi,” ujar Ketua Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan Kak Toto Suwaranto, dalam rilisnya, Minggu 16 Juni 2024.

Burung bubut alang-alang. Foto: Ebird

Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tlogomanik Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pojok, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwodadi menjadi tujuan pengamatan karena merupakan jalur transek (garis lurus yang memotong bentang alam sehingga dapat dilakukan pengamatan dan pengukuran yang terstandar) keanekaragaman sejumlah satwa.

“Karena di kawasan hutan tersebut merupakan jalur transek biodiversity terutama satwa burung. Sehingga diharapkan diketahui satwa burung yang ada di kawasan itu apa saja,” kata Toto Suwaranto.

Bekal Pengetahuan

Menurut Kak Toto Suwaranto, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan bekal tambahan pengetahuan kehutanan anggota pramuka khususnya dalam mencapai Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Pengamatan Satwa di Krida Reksa Wana.

Pengamatan Langsung Anggotta Saka Wanabakti saat berada Petak 53 RPH Tlogomanik, BKPH Pojok, KPH Purwodadi tambah Kak Toto Suwaranto melakukan pengamatan secara langsung dengan mata terbuka dan juga menggunakan alat teropong.

Burung cekakak jawa. Foto: Greener.co

“Kegiatan pengamatan secara langsung akan menambah pengetahuan dan wawasan tentang keanekaragaman hayati bagi para anggota pramuka Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan,” jelas Kak Toto.

Hasil pengamatan yang dilakukan anggota Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan, ditemukan beberapa jenis burung. Seperti burung tekukur, perkutut, kutilang, kadalan, bubut alang alang, dan cekakak jawa.

“Dari sekian burung yang terlihat, ada beberapa yang masuk kategori punah. Seperti cekakak jawa dan bubut alang alang,” ujar Kak Toto Suwaranto.

Seorang peserta pengamatan, Andi Jati, anggota Pramuka Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan mengaku senang diajak secara langsung mengamati dan mengetahui keberadaan satwa yang ada di kawasan hutan.

“Kegiatan ini menambah pengetahuan bagi kami anggota Saka Wanabakti akan keanekaragaman satwa terutama burung yang masih ada di kawasan hutan di Grobogan,” jelas Andi.

Tya Wiedya