Sapi Limosin berbobot 1,23 ton, segera dibawa ke MAJT sebagai hewan kurban Presiden RI Jokowi. Foto: majt

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Presiden RI Joko Widodo, berencana melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah, Senin (17/6/2024), di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kota Semarang. Usai Shalat Id, Presiden akan melanjutkan dengan menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi jantan Limosin, berbobot 1,23 ton kepada panitia.

Sehubungan dengan rencana kehadiran Presiden Jokowi, Pelaksana Pengelola MAJT terus berbenah. Ketua PP MAJT, Prof Dr KH Noor Achmad MA mengatakan, rencana kedatangan Presiden disambut antusias jamaah dan masyarakat Jateng.

”Kehadiran Presiden di MAJT sudah lama ditunggu masyarakat Jateng khususnya jamaah MAJT. Alhamdulillah, akan terwujud saat Shalat Idul Adha nanti,” tegas Prof Noor, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/6/2024).

BACA JUGA: Aneh! Hanya 2 Santri yang Tangannya Melepuh Dihukum Celup Air Panas, yang Lain Tidak Kepanasan

Menurut Prof Noor yang masih menjalankan ibadah haji di Mekkah, kehadiran Jokowi akan semakin memperkuat posisi MAJT, yang selama ini konsisten menggelorakan ke-Indonesiaan dan Islam yang damai dan toleran untuk semua umat manusia. Hingga saat ini, MAJT telah dikenal dunia sebagai pelopor gerakan moderasi beragama.

Secara otomatis, tambah Ketua Baznas RI ini, MAJT merespons dengan syukur atas rencana kedatangan Presiden RI itu, dengan mempercantik dan memperindah pada semua lini, di area seluas 10 hektar itu.

”PP MAJT berobsesi Presiden harus nyaman selama di MAJT, sekaligus akan berbaur dengan semua jamaah yang diperkirakan mencapai 30 ribu orang,” imbuhnya.

BACA JUGA: 100 Mahasiswa FH USM Ikuti Kuliah Umum

Sesuai agenda di MAJT, Shalat Idul Adha dilaksanakan dengan petugas khotib Rais Syuriah PCNU Kota Semarang KH Hanief Ismail Lc. Topik yang akan disampaikan yakni, ‘Idul Adha 1445 Hijriyah, Momentum Meneguhkan Kesetiakawanan Sosial’. Untuk Imam Shalat Id dipimpin KH Ulil Abshor, Al-Hafidz dengan reputasi Juara Qori Internasional.

Usai melaksanakan Shalat Id, Presiden Jokowi akan menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi jantan kepada panitia kurban. Pemberian hewan kurban ini menurut Prof Noor Achmad, sebagai contoh kedermawanannya kepada umat.

Sementara itu, Ketua Panitia Idul Adha MAJT, H Isdiyanto Isman menambahkan, sapi kurban Presiden Jokowi berbobot 1,23 ton, dan masih berusia empat tahun. Dijadwalkan, pada Minggu (16/6/2024), sekitar pukul 08.00 WIB, sapi akan tiba di MAJT, setelah menjalani dua kali tes kesehatan.

BACA JUGA: Pendaftaran Calon Pantarlih Pilkada Sudah Dibuka, KPU Membutuhkan 3.413 Orang

Sang pemilik sapi, Sutikno, yang beralamat di Desa Jagir, Kelurahan Jagir Walen, Kecamatan Giriwarto, Kabupaten Wonogiri, mengaku, Presiden Jokowi memesan tiga ekor sapi kepadanya, untuk dikirim ke MAJT, Solo dan Wonogiri.

Sementara itu, hingga Rabu (12/6/2024) kemarin, jumlah hewan kurban di MAJT tercatat ada 14 sapi dan 11 kambing. Adapun ke-14 sapi itu datang dari Presiden Jokowi, Rektor Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko, Badan Amalan Islam (BAI) Bank Jateng Syariah, BPN provinsi Jateng, PT Unilever, Walikota Semarang, Baznas RI, Sekda Kota Semarang Dr Izwar Aminudin.

Selain itu, Yayasan Nadzir Wakaf Banda Masjid Agung Semarang, Mantan Walikota Semarang Hendrar Prihadi, PT Sarana Patra Hulu Cepu (SPHC), Pusdataru Provinsi Jateng, PT Djarum Kudus, dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad lutfi.

Adapun yang berkurban kambing di MAJT, tercatat atas nama Harsono, KH Ahmad Darodji, hamba Allah, Fera Pebrayenti dan tujuh ekor kambing dari MAJT.

Riyan