Kepala Dispartabud Jepara, dewan juri dan para finalis

JEPARA (SUARABARU) – Sebanyak 10 finalis mengikuti babak final Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA Sederajat dengan tema Cagar Budayaku Identitasku yang berlangsung di Museum RA Kartini Jepara, Selasa 11/6 2024.

 

Lomba dibuka oleh Kepala Dispartabud Jepara Muh Eko Edyyono dan dihadiri pula oleh Kabid Kebudayaan Agus Wibowo, para guru pendamping dan peserta.

Juara dari LKTI ini akan diikutsertakan lomba di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Parwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara ini merupakan program publik museum yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan pemahaman pelajar Jepara akan potensi cagar budaya di Kabupaten Jepara.

Kepala Diaparbud Muh Eko Udyyono saat buka lomba karya ilmiah

Lomba ini terdiri dari dua tahap, yang pertama penyisihan dilanjutkan dengan presentasi finalis. Dari babak penyisihan terkumpul puluhan LKTI dengan sebaran peserta dari SMA dan MA negeri dan swasta se Kabupaten Jepara.

Menurut Kepala Dispartabud Jepara Muh Eko Edyyono, lomba ini juga untuh menumbuhkan kecintaan siswa pada kebudayaan. “Jepara kota yang tua dan memiliki peninggalan budaya, termasuk cagar budaya yang tidak hanya perlu dirawat, tetapi dipahami nilai-nilainya,” ujar Eko.

 

Juri dalam lomba ini adalah
Karmani, Hadi Priyanto dan Lia Supardianik. Dari penilaian yang meliputi format karya, kreatifitas dan inovasi gagasan, sumber data, pembahasan dan presentasi akhirnya ditentukan pemenang lomba adalah.

Juara 1, Viana Tsabita Al Azizi dari SMAN 1 Mayong

Juara 1 Viana Tsabita Al Azizi SMAN 1 Mayong, juara 2 Mariska Dwi Cahyani MAN 1 Jepara, Juara 3 Arin Aulia SMAN 1 Mayong, dan juara harapan Ahmad Febriansyah SMAN Donorojo

Disamping tropy, piagam para pemangnya juga mendapatkab uang pembinaan masing Rp. 2.250.000 untuk juara 1, juara 2. Rp.1 750.000,- juara Rp. 1.250.000 dan juara harapan Rp.750.000,-

Sementara sumber pendanaan berasal dari DAK Nonfisik MTB Kemendikbudristekdikti tahun 2024

Hadepe.