Para pendekar silat dan pimpinan perguruan seni bela diri, foto bersama Camat Andika, Danramil-03 Kapten (Arm) Agus Setiyono dan Kapolsek Ngadirojo AKP Darmin.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bertempat di Mapolsek Ngadirojo Polres Wonogiri, dilaksanakan pertemuan silahturahmi Antar-Perguruan Pencak Silat/Beladiri. Dalam silaturahmi tersebut, para pendekar sepekat untuk membentuk kepengurusan Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia (IPSI) tingkat Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, acara silaturahmi para pendekar tersebut dihadiri pula Camat Andika Kresnayana, Kapolsek AKP Darmin, serta Danramil-03 Ngadirojo Kapten (Arm) Agus Setiyono. Juga hadir pendekar dari PSHT-16 dan 17 Ngadirojo, pendekar dari PSHW TM Ngadirojo, dan pendekar Pegruruan Silat dari Pagar Nusa Ngadirojo.

Pendekar Mulyono selaku Koordinator, menyampaikan, niat membentuk kepengurusan IPSI Kecamatan Ngadirojo, melibatkan secara aktif para Ketua Perguruan. Harapannya, semuanya akan bertanggung jawab sesuai dengan bagian atau seksinya masing-masing.

Kapolsek Ngadirojo AKP Darmin, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para pendekar dan anggota persilatan, yang telah mendukung terwujudnya situasi Kamtibmas wilayah yang aman dan kondusif. Juga mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024. Yang sejak tahapan awal sampai akhir, pesta demokrasi dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Pada bagian lain, mengajak para pendekar silat berperan aktif dalam ikut mengantisipasi kemunculan kasus 3-C. Yakni pencurian dengan peberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) serta gangguan kriminalitas lainnya.

Suran

Juga berharap peran serta para pendekar beserta seluruh anggota persilatan dan perguruan seni bela diri, untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak Tanggal 27 Nopember 2024 mendatang. Supaya Pilkada berjalan lancar, aman, tertib dan kondusif, serta terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengagendakan Pilkada serentak di Tanah Air. Yakni Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur dan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati serta Pemilihan Walikota-Wakil Walikota.

”Saya mengharapkan, ketua dan pengurus perguruan silat yang ada di Ngadirojo, mampu memprakarsai tentang pentingnya menjaga situasi wilayah agar tetap aman dan kondusif. Apabila ada masalah, segera koordinasikan dengan kami aparat keamanan,” pinta AKP Darmin.

Semoga, perguruan silat di Kecamatan Ngadiorjo, Kabupaten Wonogiri, tetap guyub rukun menjaga kesatuan dan persatuan. Melalui jalinan tali silaturahmi, terbangun sinergitas kebersamaan untuk saling menghargai.

Harapan sama, juga dikemukakan oleh Camat Ngadiorjo, Andika Kresnayana, serta Komandan Koramil (Danramil)-03 Ngadirojo Kapten (Arm) Agus Setiyono. Kepada para pendekar silat, juga diharapkan dapat memberikan peran nyata dalam mengantisipasi acara Suran di Bulan Sura yang akan datang, menyongsong Tahun Baru Jawa 1958/Tahun Baru 1446 Hijrah. Yakni dengan menjaga situasi agar aman dan kondusif. Hindari hal-hal yang dapat memicu munculnya pergesekan antarperguruan.
Bambang Pur