Bahaya memencet jerawat. Foto: Dok/Bebeautiful.in doc

3. Memperparah peradangan
Memencet jerawat dapat memperparah peradangan yang terjadi di dalam jerawat. Tekanan yang diberikan ketika memencet jerawat dapat membuat peradangan menjadi lebih parah dan memperbesar ukuran jerawat.

4. Menimbulkan bolong-bolong/bopeng
Memencet jerawat dapat menimbulkan bolong-bolong kecil di kulit, yang dapat menyebabkan scar atau luka yang disebut jaringan parut. Jaringan parut ini dapat menimbulkan bekas cekung seperti berlubang atau yang lebih dikenal dengan istilah bopeng.

5. Memunculkan jerawat baru
Memencet jerawat dapat memunculkan jerawat baru di kulit. Nanah dari jerawat yang dipencet dapat membuka kemungkinan menciptakan jerawat baru di kulit.

6. Menyebabkan warna kulit berubah dan meninggalkan bekas jerawat
Memencet jerawat dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang tidak diinginkan. Area kulit di sekitar jerawat dapat menjadi merah hingga gelap. Memencet jerawat dapat meninggalkan bekas jerawat yang sulit disembunyikan dan menetap lama di lapisan kulit.
Bekas luka ini dapat mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri.

Cara Mengatasi Jerawat

Berikut berbagai cara mengatasi jerawat yang dapat dilakukan sendiri sebelum datang ke dokter:

a. Kompres jerawat dengan air hangat atau es batu untuk meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

b. Menggunakan obat jerawat, pilihlah yang mengandung niacinamide, benzoil peroksida, asam glikolat, asam laktat, dan asam salisilat. Obat-obat ini tidak hanya dapat mengatasi jerawat tetapi juga mencegah kembalinya jerawat serta membantu mengurangi bekas jerawat.

c. Perbaiki pola makan dan minum dengan menghindari makanan yang tidak sehat seperti makanan dan minuman manis, tinggi karbohidrat, dan menganduk minyak/lemak berlebih yang dapat memicu timbulnya jerawat. Sebaliknya, konsumsi makanan tinggi serat seperti buah, sayur, dan oatmeal untuk mengontrol gula darah dan mencegah jerawat. Perbanyak minum air putih.

d. Jangan menutup wajah yang berjerawat dengan riasan yang terlalu banyak. Istirahatlah dulu dari makeup dan hindari menggunakan produk yang dapat memperparah jerawat.