Tim PkM FTP USM saat memberikan penyuluhan tentang penanganan pascapanen dan pengolahan kacang merah, bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Bawen, Kabupaten Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM), baru-baru ini memberikan penyuluhan tentang penanganan pascapanen dan pengolahan kacang merah, bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Bawen, Kabupaten Semarang.

Kegiatan yang digelar sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi ini, didanai USM, dan diikuti 70 siswa jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP).

Tim PkM USM diketuai Aldila Sagitaning Putri SSi MSc, dengan anggota Ir Dewi Larasati MSi dan IrElly Yuniarti Sani MSi. Mereka dibantu tiga mahasiswi, Anastasia Mariska Citra Natalia, Akmalia Mutia Rahma dan Putri Aprilia Sidabalok, serta didampingi Guru SMK Negri 1 Bawen, Siti Wahyuningsih SPd.

BACA JUGA: Sukseskan Pilkada 2024, Pj Gubernur Jateng Beri Catatan Banyak Petugas Pemilu Meninggal Dunia

Menurut Aldila, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menambah pengetahuan tentang penanganan pascapanen kacang merah, dan pengolahan kacang merah.

Dalam penyuluhan itu, ada beberapa materi yang disampaikan di antaranya materi penanganan pascapanen kacang merah yang disampaikan Dewi Larasati. Sedangkan materi pembuatan es potong kacang merah dibawakan Aldila Sagitaning Putri, dan pembuatan cookies kacang merah disampaikan Elly Yuniarti Sani.

”Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMK Negeri 1 Bawen, Kabupaten Semarang ini, mempunyai visi menghasilkan lulusan yang mandiri, profesional, dan berjiwa wirausaha, dalam bidang agribisnis pertanian, pengolahan hasil serta mampu bersaing di era global,” ujarnya.

BACA JUGA: Pj Bupati Kudus Launching DO-CART RSUD dr. Loekmono Hadi

Selain itu, SMKN 1 Bawen juga memiliki keunggulan berupa icon Agrika Bakery, yang memproduksi aneka roti dan kue kering. Selain itu kompetensi dalam berwirausaha, bekerja dan melanjutkan ke perguruan tinggi.

”Untuk mendukung tercapainya visi, icon dan kompetensi jurusan APHP, maka dosen-dosen Fakultas Teknologi Pertanian USM memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan penanganan pascapanen, dan pengolahan kacang merah,” ungkapnya.

Riyan