PJ Gubernur Jateng Nana Sudjana usai melantik Pj Bupati Banjarnegara di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Selasa 28 Mei 2024. (Foto: Diaz Aza)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota di wilayahnya untuk melakukan koordinasi intensif dengan penyelanggara pemilu.

Hal itu, kata dia, untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 di Jawa Tengah khususnya.

Seperti diketahui saat ini tahapan hajatan politik lokal lima tahunan ini sudah berjalan.

Pada Agustus 2024 sudah mulai dilakukan pendaftaran calon, sementara tahapan pemungutan dan penghitungan suaranya akan dilaksanakan pada November 2024.

“Dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada 2024, KPUD dan Bawaslu harus kita support sepenuhnya,” kata Nana Sudjana usai melantik Pj Bupati Banjarnegara di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Selasa 28 Mei 2024.

Sinergisitas dan koordinasi harus terus dilakukan antara pemerintah kabupaten/kota, forkopimda, dengan penyelenggara pemilu.

Menurut dia, kolaborasi ini harus terus dijaga dengan optimal demi kesuksesan Pilkada Serentak 2024.

“Tentu perlu adanya rapat koordinasi yang intensif. Saya yakin kalau kita solid dan sinergis, semua akan dapat dihadapi dengan baik,” katanya.

Nana menargetkan, pilkada serentak di Jawa Tengah ini harus sukses dan tiada ada permasalahan.

Dalam kesempatan itu, Nana memberi catatan pada penyelenggaraan Pemilu 2024 lalu, masih ada penyelenggara maupun petugas pemilu yang meninggal dunia.

Oleh karena itu, dalam Pilkada ini perlu diantisipasi dengan baik.

“Saya minta agar TPS, Linmas, dan personelnya disiapkan. Koordinasi dengan KPUD untuk mengusahakan petugas yang memiliki kemampuan dan kesehatan,” kata dia.

Ia menilai, penyelenggaraan Pemilu lalu secara umum berjalan secara kondusif dan lancar.

“Pemilu kemarin bejalan baik dan lancar. Tidak ada permasalahan yang menonjol. Pertahankan. Ke depan kita hadapi pilkada. Waktu bejalan cepat, jadi siapkan dengan matang,” ucap Nana.

Diaz Aza