Tim PkM dosen FE USM bersama beberapa warga melakukan foto bersama usai acara pelatihan pengelolaan bank sampah. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Semarang (USM), yang diketuai Amerti Irvin Widowati SE MSi, dengan anggota Surjawati SE MM Akt dan Nirsetyo Wahdi SE MM Akt, baru-baru ini mengadakan pelatihan pengelolaan bank sampah kepada para pengelola bank sampah di RT 006/RW 002, Kembangsari, Semarang Tengah.

Bank sampah di RW 002 Kelurahan Kembangsari ini, sudah berdiri sejak Februari 2024, yang bermula dari program RW. Program ini kemudian didukung RT-RT setempat, yang ada di kelurahan itu.

”Penyetoran sampah oleh warga bersifat sukarela, dan disebut dengan Sedekah Sampah. Ada petugas yang menjemput sampah-sampah di rumah-rumah warga,” katanya. Sampah yang sudah terkumpul, kemudian diambil pengepul, dengan imbalan yang cukup memadai.

BACA JUGA: Pelatihan Penyusunan Strategi Kemasan dan Merek

”Hasil penjualan sampah ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan masyarakat di Kelurahan Kembansari. Antara lain untuk kegiatan 17 Agustus, rapat rutin RT/RW, subsidi pembuatan kaos dan subsidi piknik,” ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya berusaha mengadakan diskusi dan sharingm untuk meningkatkan partisipasi warga dalam bersedekah sampah. Ini juga untuk membuat business plan, agar bank sampah dapat berkembang.

”Kini warga semakin giat untuk menyetor sampah. Karena ternyata barang yang sudah tidak terpakai, masih dapat menghasilkan uang. Dan terbukti bermanfaat untuk mendukung kegiatan warga,” tandasnya.

Riyan