Ilustrasi penggunaan Loafers. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Simple dan nyaman dipakai, loafers bisa dibilang merupakan sepatu paling disukai oleh para pria. Alas kaki satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk acara formal, tetapi juga kegiatan-kegiatan yang cenderung kasual.

Pada umumnya bahan yang digunakan adalah bahan kulit sehingga menjadikan sepatu ini tampak formal dan elegan. Jenis-jenis sepatu loafers ini juga banyak, lho. Mulai dari yang paling familiar digunakan kaum pria yaitu jenis penny loafers, tassel loafers, kiltie loafers, hingga belgian loafers.

Dilansir dari Suara.com, Loafers dan slip on merupakan dua jenis sepatu yang berbeda fungsi dan kegunaan. Slip on umumnya digunakan saat ada acara-acara less formal atau kamu juga bisa menggunakannya saat acara kumpul bersama teman. Sedangkan loafers digunakan untuk acara-acara formal.

Seperti jenis sepatu yang lain, loafers pastinya juga perlu dirawat supaya tetap bagus dan tahan lama. Akan tetapi, ada beberapa hal yang patut kamu perhatikan saat memperlakukan loafers. Nah, melansir dari laman Movin Air, berikut ini adalah beberapa cara merawat loafers yang benar.

1. Cara Menjaga Sepatu Agar Tetap Bersih

Membersihkan sepatu loafers sebaiknya disesuaikan dengan bahan, misalnya sepatu kamu terbuat dari bahan kulit, itu bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat berbulu keras serta bisa juga menggunakan semir. Untuk bahan lain, cukup menggunakan kain basah atau tisu untuk bisa membuatnya bersih dan tidak berdebu.

2. Jika Sepatu Basah dan Berlumpur

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghindari sepatu kamu terkena air atau tanah basah, kalau sudah terlanjut bagaimana? Jika basah terkena air saja, cukup keringkan di temlat terbuka, tapi jangan diletakkan di bawah sinar matahari langsung.

Jika berlumpur, biarkan saja lumpurnya hingga mengering kemudian kikis menggunakan benda yang keras, seperti penggaris plastik. Kalau sebagian sudah bersih, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk bisa membersihkan secara lebih maksimal.

3. Noda Membandel

Gimana jadinya kalau sepatu kesayangan kamu terkena noda membandel? Jangan khawatir, tetap ada solusinya kok. Noda yang ada di sepatu bisa diatasi dengan menggosok bagian yang kotor menggunakan kain putih yang sedikit basah.

Atau kalau nodanya masih belum bisa hilang, kamu bisa juga mencoba hacks karet penghapus pensil, gosokkan penghapus tersebut ke bagian yang terkena noda secara lembut.

Aku pernah coba cara ini di sepatu berbahan kain, ternyata cukup membantu membuat nodanya menjadi lebih samar.

4. Membersihkan Bagian Dalam

Tidak hanya bagian luarnya saja, kebersihan sepatu bagian dalam juga harus diperhatikan. Apalagi sepatu loafers yang kebanyakan digunakan tanpa kaus kaki, otomatis keringat dan kotoran yang ada di kaki menempel di kulit sepatu. Ini kalau tidak dibersihkan bisa membuat sepatu bau dan tidak nyaman dipakai.

Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan lap yang lembab, lalu digosok-gosokkan ke bagian dalam sepatu. Jangan lupa dibuka dan dikeringkan di tempat yang sirkulasi udaranya bagus, ya.

Claudia