Siti Chomzah, SH, MSi, istri dari Penjabat Bupati Bogor, Asmawa Tosepu. Foto: Dok/Pribadi

Tidak hanya di daerah sendiri, Siti Chomzah juga mendorong pekerja kreatif dan UMKM untuk menunjukkan kemampuan mereka di luar daerah. Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-44 tingkat nasional, Siti Chomzah menyatakan kebanggaan dan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Bogor dan Dekranasda Kabupaten Bogor yang ikut serta dalam parade dan kirab budaya dengan mobil hias bertema “Harmonisasi Sumber Daya Alam dan Budaya Dalam Menggapai Cita-cita Pembangunan Kabupaten Bogor.”

Mobil hias Kabupaten Bogor menampilkan keindahan alam dengan ornamen utama seperti miniatur Tugu Tegar Beriman, Gunung Salak, Gunung Gede Pangrango, Museum Tambang Pongkor, Curug Nangka, serta berbagai kerajinan UMKM seperti kerajinan kayu, bambu, tas berbahan baku koran, tas rajut, wayang golek, dan tas berbahan baku kain goni. “Melalui kegiatan ini, Pemkab Bogor ingin memperkenalkan sekaligus mempromosikan berbagai produk unggulan hasil kerajinan dan produksi para penggiat UMKM di Kabupaten Bogor yang berkualitas,” jelas Siti Chomzah.

Kepedulian wanita kelahiran Semarang ini terhadap kriya atau kerajinan diwujudkan dalam keikutsertaan Dekranasda Kabupaten Bogor dalam pameran dan bazar, baik lokal maupun nasional seperti Inacraft. Produk UMKM Bogor bahkan sempat dibeli oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo pada acara rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK di Kabupaten Bogor pada 4 Maret 2024. Pada 22 Mei 2024, Pemkab juga melakukan uji coba operasional Mall Pelayanan Publik (MPP) di gedung Mall Pelayanan Publik DPMPTSP Kabupaten Bogor, di mana Dekranasda turut memamerkan produk-produk kerajinan dan UMKM.

Pemberdayaan Masyarakat

Sebagai alumni terbaik Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dan penerima penghargaan Skripsi Terbaik Tingkat Jawa Tengah, Siti Chomzah tidak hanya fokus pada pengembangan produk lokal tetapi juga memiliki kepedulian tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat. Lulusan magister dari Universitas Gajah Mada ini sering terlibat dalam kegiatan sosial yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kaum perempuan. Salah satu program yang diinisiasinya adalah pelatihan keterampilan bagi ibu rumah tangga, yang bertujuan memberikan kemampuan tambahan dalam menciptakan produk kreatif bernilai ekonomi tinggi.

Siti Chomzah, yang pernah menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia pada kegiatan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional tahun 2023, juga memberikan perhatian khusus pada pendidikan dan pelatihan. Ia yakin bahwa dengan pendidikan yang baik dan pelatihan yang tepat, masyarakat Kabupaten Bogor dapat lebih berdaya dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, ia sering mengadakan workshop dan seminar yang melibatkan para ahli di berbagai bidang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan baru kepada masyarakat.

Selain menjabat sebagai Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Bogor, Siti juga merupakan ASN di Kemendagri sebagai Kepala Sub Direktorat Pembiayaan Daerah Ditjen Bina Keuda. Dalam perjalanan karirnya sebagai ASN, ia pernah mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara mewakili Kemendagri pada forum internasional di Washington DC dan Philadelphia, yang dibiayai oleh Pemerintah Amerika Serikat.

Ning S