Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat menghadiri Silaturahmi Kamtibmas dengan Pemerintah Kota Salatiga. Foto: Dok/Humas (27/5/2024)

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mendapat puisi saat menghadiri Silaturahmi Kamtibmas dengan Pemerintah Kota Salatiga yang berlangsung di PT. Wipro Unza Vitalis Kota Salatiga, Senin (27/5/2024).

Pj Walikota Salatiga, Yasip Khasani mengatakan mendapat kehormatan atas kedatangan Kapolda Jateng. Ia pun kemudian membacakan puisi untuk Kapolda. “Dari Batang ke Salatiga, nginapnya di Hotel Laras Asri, Selamat datang Bapak Kapolda semoga Sukses dan Diberkahi” yang disambut tepuk tangan seluruh hadirin.

Menurut Luthfi, pemimpin itu teruji bila dihadapkan dengan problem, kemudian mengambil keputusan dan mampu mengamankan, baru kelihatan dia itu petarung (pemimpin sejati) atau ayam sayur,” ungkapnya.

Luthfi menyampaikan bahwa rasa aman tidak datang dengan sendirinya. Rasa aman adalah hak setiap warga, rasa aman merupakan suatu investasi yang harus dijaga dalam rangka pembangunan

“Kota Salatiga aman tidak ujug-ujug datang begitu saja, tapi juga berkat masyarakat yang mempunyai Sense of Crisis terkait dengan potensi wilayah. Berkat masyarakat yang mempunyai asas gotong royong tepo seliro dan ini harus kita jaga seperti saat dulu kita menangani Covid 19,” kata Luthfi.

Luthfi menyebut dalam gelaran Pilkada nanti, Polda Jateng mempunyai Satgas Manajemen Media, Satgas Manajemen Sosial, dan Satgas Manajemen Kemitraan. “Serangan Medsos itu sangat efektif memecah belah dalam bentuk hoax dan black campaign, sehingga perlu Satgas Management Media untuk melakukan penetrasi agar masyarakat tidak berlanjut panas,“ ujarnya.

Dikatakan, situasi saat pemilu bisa memanas, tapi tidak boleh ada konflik komunal maupun horizontal. Kapolda berpesan dan minta tiga pilar harus mampu mengendalikan wilayah di tingkat desa dalam rangka Harkamtibmas. “Tidak ada sejengkal tanahpun yang tidak pernah disentuh oleh tiga pilar,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, seorang peserta menyatakan, kunjungan Kapolda Jateng sangat dinanti-nantikan masyarakat. Menurutnya masyarakat sangat bangga bisa bertemu langsung dengan Kapolda.

Ning S