MELANTIK - Ketua Bawaslu Kota Tegal, Fauzan Hamid melantik 12 anggota Panwascam. (Foto: Bawaslu Kota Tegal)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tegal resmi melantik 12 anggota Panwaslu Kecamatan Se-Kota Tegal untuk pemilihan serentak 2024. Sebanyak 12 anggota Panwascam dilantik oleh ketua Bawaslu Kota Tegal, Fauzan Hamid di Hotel Karlita, Jum’at (24/5/2024).

Ketua Bawaslu Kota Tegal juga menandatangani Pakta Integritas Panwascam yang di saksikan Kordinator Sekretariat dan Kordinator Divisi Humas dan Perwakilan Panwascam.

Fauzan menyampaikan, evaluasi kinerja existing Panwascam Pemilu 2024 yang lalu terdapat anggota yang tidak memenuhi syarat, maka dibuka perekrutan baru, membuka di semua kecamatan. “Di Kecamatan Tegal Barat 1,Kecamatan Tegal Timur 1, Kecamatan Tegal Selatan 1, dan Kecamatan Margadana 2. Total perekrutan yang baru ada 5 orang,” terang Fauzan.

Setelah pelantikan kata Fauzan tidak ada kata-kata Panwascam existing dan pendaftar baru, semuanya adalah Panwascam Pemilihan 2024. “Semuanya sama, tugasnya sama, kewajiban sama, semua dari nol. Setelah ini anggota panwaslu kecamatan berkoordinasi kepada Pak Camat, Kapolsek, dan Danramil,” terangnya.

Lebih lanjut Fauzan mengatakan, tugas Panwascam melaksanakan seleksi Panwaslu Kelurahan, untuk jadwalnya mulai pada minggu yang lalu. Sedangkan 25 Mei 2024 merupakan pengumuman administrasi calon Panwaslu Kelurahan.

Tugas awal Panwascam, melakukan seleksi wawancara Panwaslu Kelurahan di hari senin-selasa pada 27-28 Mei 2024. “Anggota panwascam harus siap yang pertama membaca regulasi UU Pilkada

(Pemilihan, PerBawaslu dan PKPU. Terakhir anggota panwascam harus berinovasi dan berkreasi,” tutup Fauzan.

Sutrisno