blank
Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti melantik anggota Panwascam di Hotel Grand Master. Foto: Setiadi

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti melantik 57 anggota Panwaslu Kecamatan atau Panwascam, di Firdausia Ballrom Kryad Grand Master Hotel Purwodadi, Jumat 24 Mei 2024. Ke-57 anggota Panwascam tersebut selanjutnya akan bertugas dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Tahun 2024.

Asisten Pemerintahan Setda Grobogan Kurnia Saniadi mewakili Bupati Grobogan dan perwakilan Forkompimda dan camat serta unsur pimpinan Bawaslu Grobogan.

Anggota Panwascam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2024 menandatangani pakta integritas seusai dilantik.

Menurut Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti, perekrutan Panwascam Pilkada 2024 melalui dua cara. Yakni existing atau evaluasi kinerja Panwascam Pemilu 2024 dan pendaftaran calon anggota baru.

“Total ada 57 anggota Panwascam terbagi di 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan.

Di mana masing-masing kecamatan ada tiga anggota Panwascam,” terang Fitria.

Sementara Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan Kurnia Saniadi mengingatkan kepada seluruh anggota Panwascam yang baru dilantik.

Profesional

Bupati Grobogan mengingatkan agar anggota Panwascam Pilkada 2024 untuk bersikap profesional dan melaksanakan tugas, wewenang dan tanggungjawab sebaik baiknya.

“Selain itu harus memahami kode etik, bersikap netral dan hindari konflik kepentingan agar tercipta Pilbup Grobogan dan Pilgub Jateng 2024 yang aman dan kondusif,” kata Bupati.

Panwascam, lanjut Bupati dalam sambutan yang dibacakan Kurnia Saniadi, untuk menyukseskan dan meningkatkan kualitas pemilihan bisa berkoordinasi, bersinergi dengan berbagai pihak di kecamatan.

“Tugas Panwaslu Kecamatan lebih berat saat Pemilu 2024 karena lebih banyak yang harus diawasi, namun suhu politik akan lebih panas pada saat Pilkada 2024,” ujar Bupati.

Panwascam dipesan Bupati untuk menjaga suhu politik agar tidak menimbulkan gesekan, tekan pelanggaran kampanye dan pastikan tahapan berjalan lancar serta pemilih meningkat.

“Saya percaya, jika dipersiapkan sejak sekarang dengan matang, Bawaslu dan Panwaslu Kecamatan akan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya saat Pilkada 2024,” tambah Bupati Grobogan.

Tya Wiedya