“Saya berpesan kepada jamaah agar menjaga kesehatan, apalagi kalau panas kan dehidrasi, sehingga harus banyak minum air putih, makan makanan yang bergizi,” pesannya.

Lebih lanjut, Mbak Ita menjelaskan jika Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus menunjukkan dukungan kepada para jamaah.

Selama proses perjalanan ibadah haji ini Pemerintah Kota Semarang juga memberikandukungan. Yang pertama transportasi berupa bus kemudian patwal voorijder, dan konsumsi bagi jamaah.

“Kalau besok kan startnya dari Islamic Center, ke Asrama Haji Donohudan kemudian baru ke bandara. Kami siapkan bus dan voorijder-nya. Kemudian untuk pengangkutan koper jamaah haji, semua berangkat dan pulangnya kami siapkan. Termasuk ada air zamzam juga,” beber dia.

Tak hanya itu, pemerintah juga menyiapkan tim kesehatan untuk membantu proses ibadah haji di tanah suci. “Ada Tim Kesehatan dari DKK dan RSWN yang akan mengawal dari Semarang sampai tanah suci dan kembali ke sini. Ini bentuk support pemerintah untuk terus melayani saudara-saudara kita yang beribadah haji,” jelasnya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Semarang, Ahmad Farid mengatakan, hari ini dalam kegiatan manasik yang kedua, sekaligus dilakukan pelepasan calon jamaah haji oleh Wali Kota Semarang yang ditandai dengan penyematan rompi dan jaket kepada petugas dan jamaah haji.

“Kami merasa terbantu dengan banyaknya fasilitas, utamanya saat kita berangkat dari kampung kita embarkasi seluruh fasilitas sudah disiapkan oleh Ibu Wali Kota dan Pemerintah Kota Semarang,” kata Farid.

1.957 Jamaah

Seperti diketahui, calon jamaah haji tahun 1445 H/2024 Kota Semarang tercatat 1957 jamaah, dengan rincian jamaah laki-laki sebanyak 882 jamaah dan 1.073 jamaah perempuan.

Kemudian rentang usia 18-25 tahun ada 37 jamaah, usia 26-35 tahun ada 69 jamaah. Rentang usia 36-45 ada 209 jamaah, usia 46-55 tahun 605 jamaah. Kemudian, usia 66-70 tahun 310 jamaah, usia 76-85 tahun ada 50 jamaah dan usia 86-94 tahun ada 8 jamaah.

Sementara itu, jumlah haji Kota Semarang terbagi tujuh kloter dengan dua gelombang. “Ini ada 7 kloter, dengan rentang usia paling muda berusia 18 tahun atau paling muda dan paling tua berusia 94 tahun,” kata Farid.

Hery Priyono