blank
Pasangan ganda campuran Fajri/Meylissa (USM) Jumpa Daniel/Khusnul (UNS) di Final. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Langkah ganda campuran tuan rumah USM, Ferdian Alfajri Bediona/Meylissa Dwi Auliya melaju ke final Kejuaraan Bulu Tangkis USM Open 2024, akhirnya terwujud, setelah di semifinal menumbangkan Muhammad Rafael Ramadhani dari Unnes dengan skor 21-19, 22-20, pada laga yang dimainkan di Gelora USM, Kamis (9/5/2024).

Di final yang dipertandingkan Jumat (10/5/2024) siang ini mulai pukul 13.00 WIB, Alfajri/Meylissa akan menantang unggulan pertama dari UNS, Daniel Ekklesia/Khusnul Khatimah, yang di semifinal menghentikan perlawanan Muhammad Fino Romadhoni/Ellena Manaby Yuliana dengan skor 19-21, 21-8, 21-16.

Di nomor tunggal putra universitas, unggulan pertama Muhammad Zufar Hafizh (Unnes) melenggang ke final, setelah menang mudah atas pemain Universitas Negeri Jakarta, M Risqi Ramadhani dengan skor 21-7, 21-10.

BACA JUGA: Bulu Tangkis Antarkelurahan: Sampangan dan Sendangmulyo A Berlaga di Final

Di final, Zufar akan ditantang Muhammad Fajar Ardi Pradana (Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Di semifinal Fajar menundukkan unggulan kedua, Muhammad Bangkit Satria dengan skor 21-18, 21-8.

Di nomor tunggal putri universitas, unggulan pertama, Natiqotul Wardah Fikaromah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel), akan ditantang Andien Kirana Widjanarko (Atma Jaya Yogyakarta) di final.

Wardah lolos ke final, setelah mengalahkan pemain Undip, Chrissa Laurent Pascoal, dengan skor 18-21, 21-10, 21-17. Adapun Andien menundukkan Septia Ningrum Rahmadani (UNS) dengan skor 21-19, 21-12.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Pencuri yang Menyatroni Rumah Tak Berpenghuni

Di nomor ganda putra universitas, pasangan Unnes, Ananda Hilqom/Muhammad Rafael Ramadhani lolos ke final, setelah mengalahkan unggulan pertama, Jenkinsen Excellent Theodorus/Jeremia Joshua Memah (Universitas Sam Ratulangi Manado) dengan skor 17-21, 21-14, 21-18. Di final, Hilqom/Rafael bertemu Mohammad Fino Romadoni (Universitas Negeri Sunan Ampel).

Ketua Panitia, Muhaimin mengatakan, partai final dimulai pukul 13.00 WIB, dengan mempertandingkan kelompok umur mulai usia dini (dasar, madya dan utama), anak (dasar, madya dan utama), pemula (dasar, madya dan utama), remaja (dasar, madya dan utama).

Selain itu juga, kelompok antarpelajar SMA/Sederajat dan antarmahasiswa se-Indonesia. ”Bagi Juara I di kelompok pelajar SMA, baik tunggal putra-putri, ganda putra-putri dan ganda campuran, selain akan menerima uang pembinaan, medali dan piagam, juga disediakan beasiswa kuliah di USM,” katanya.

BACA JUGA: YPMNU Jepara Adakan Pembekalan Pengurus dan Guru PAUD serta TPQ MUSLIMAT NU

Dia berharap, kejuaraan yang digelar rutin setiap tahun ini, bisa melahirkan pemain-pemain yang kelak berprestasi di tingkat Nasional dan internasional.

”Event ini digelar sudah yang ke-17 kali. Kami berterima kasih kepada para sponsor yang selama ini selalu mendukung kegiatan kami, antara lain Bank Jateng, Djarum Foundation dan Bank BRI,” ungkapnya.

Riyan