YPMNU Jepara Adakan Pembekalan Pengurus dan Guru PAUD serta TPQ MUSLIMAT NU Kec.Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pengurus bidang Pendidikan Anak Cabang Muslimat NU Jepara menyelenggarakan kegiatan  up-grading atau pembekalan khususnya untuk kelompok guru dan pengurus yang terbentuk dalam Ikatan Pengurus PAUD&TPQ (IP PUADTPQ) dan Ikatan Guru PAUD (IG PAUD) dan Ikatan Guru Taman Pendidikan Al Quran (IP TPQ) di bawah naungan Yayasan Pendidikan Muslimat NU di gedung Muslimat Ranting Saripan Jepara,  Kamis (09/5/2024).

Acara tersebut  biasanya terselenggara rutinan per triwulan tetapi untuk kali ini ditambah peserta dari pengurus baru yang harapnnya mereka akan mengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Pendidikan Al Quarn (TPQ) supaya bisa menguatkan lembaga-lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.

Sambutan oleh pengurus

Hadir dalam kegiatan tersebut sekitar lima puluhan peserta terdiri Ketua Pengurus Anak Muslimat NU Cabang Jepara Dwiana Puspita, Farida Ahmad dan Asmiah selaku nara sumber dari Yayasan Pendidikan Muslimat NU Cabang Jepara. Ketua ranting se kecamatan Jepara, pengurus baru yang tergabung dalam IP PAUD TPQ dan IG PAUD TPQ serta  Perwakilan dari kepala dan guru perwakilan dari lembaga PAUD dan TPQ se kecamatan Jepara.

Dalam kegiatan pembinaan dan up-grading tersebut, Dwiana Puspita selaku ketua Anak Cabang Muslimat NU Jepara yang membawahi 17 ranting Muslimat NU menyampaikan bahwa pentingnya dibentuk wadah untuk pengurus dan guru.

“Karena pengurus adalah motor penggerak penyemangat untuk para guru sehingga melalui wadah IP PAUDTPQ dan IG PAUDTPQ senantiasa bisa bersinergi untuk memajukan lembaga-lembaga yang di naunginya. Sehingga hasilnya akan menjadi berkah untuk bangsa dan negara khususnya kabupaten Jepara,” ujar Dwiana Puspita

Farida Ahmad, selaku nara sumber sekaligus  ketua Yayasan Pendidikan Muslimat NU Cabang Jepara menyampaikan bahwa anak usia 0-6 tahun adalah masa golden age (usia emas) untuk tumbuh kembang baik fisik maupun psikisnya sehingga tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tetapi harus dikawal perkembangannya melalui pendidikan.

Dan disinilah peran dari lembaga Pendidikan Anak Usia Dini berupa kelompok bermain, PAUD maupun TPQ. Disamping itu ada beberapa materi pembekalan yang di sampaikan antara lain: pentingnya peran lembaga pendidikan di masyarakat serta pemaparan tentang tugas pokok dan fungsi dari pengurus lembaga. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang sudah berinisiatif melaksanakan  kegiatan yang berlangsung sukses tanpa kendala.

Hj. Ashfiyah selaku koordinator bidang pendidikan Ancab Jepara mengatakan dalam sambutannya bahwa pentingnya peran pengrus lembaga yang tergabung dalam IP PAUDTPQ. Dia berharap dengan optimalnya peran IP PAUDTPQ otomatis proses pendampingan terhadap kelangsungan lembaga pendidikan akan berjalan lancar untuk mendukung kegiatan belajar mengajar anak PAUD dan TPQ. Adapun tanggung jawab pengurus meliputi tersedianya sarana pra sarana dan honor guru. Ia juga menyatakan bahwa honor guru PAUD maupun TPQ saat ini masih di bawah standar sehingga perlu dipikirkan bersama oleh pengurus lembaga.

Ketua terpilih IP PAUDTPQ periode 2024-2029 adalah Kistantiniyatul Khilwiyah, ketua IG PAUD MNU Sufaero Nur Aliyah dan ketua IG TPQ MNU Nurma Diana. Dalam kegiatan ini juga Evi Zuliaty selaku peserta dari TPQ Hidayatus Sibyan juga menyatakan antusias terhadap kegiatan ini dan dia menyampaikan tanggapan soal status tanah atau gedung PAUD maupun TPQ harus jelas kepemilikannya supaya jika keberlangsungan proses belajar mengajar anak bisa berlanjut terus menerus tanpa kendala mendasar imbuhnya.

Hadepe – Farida Ahmad