blank
Ilustrasi kemacetan pada saat musim lebaran. foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mudik juga diartikan sebagai aktivitas pulang ke kampung halaman. Mudik merupakan salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat saat Lebaran Idul Fitri.

Salah satu tujuan mudik untuk merayakan Idul Fitri bersama-sama dengan keluarga dan sanak saudara. Namun, istilah “mudik lebaran” baru mulai populer pada tahun 1970-an, ketika Jakarta menjadi magnet bagi penduduk desa yang berbondong-bondong merantau mencari pekerjaan.

Di kota-kota besar, macet saat mudik merupakan hal yang lumrah terjadi dan tidak bisa dihindarkan. Apalagi pada saat jam-jam sibuk, seperti pagi hari dan jam pulang kantor.

Baca Juga: Pertamina Sediakan Fasilitas Gratis untuk Pemudik di Rest Area Haritage KM 260B

Meski sudah sering dialami, terjebak macet tetap menjadi hal yang menjengkelkan. Waktu kita banyak terbuang percuma dan terasa sangat membosankan.

Namun, kini ada banyak alternatif kegiatan yang dapat dilakukan saat terjebak macet. Dilansir dari Suara.com, kegiatan-kegiatan berikut dapat membuat kamu tetap produktif meski dalam situasi serba terbatas.

1. Mendengarkan podcast

Mendengarkan podcast menjadi pilihan cukup banyak orang yang dilakukan saat terjebak macet. Saat masih di tempat kerja atau ketika sudah di rumah, mungkin aktivitas mendengarkan podcast akan tergeser dengan aktivitas-aktivitas mandatory lain. Jadi, mendengarkan podcast di mobil saat terjebak macet dapat menjadi alternatif solusi. Tidak hanya mengisi waktu saat macet, mendengarkan podcast juga dapat meng-update wawasan kamu.

Baca Juga: Sambut Pemudik, Dinkes Pemkab Pekalongan Siapkan 3 Posko

2. Membuat jadwal kegiatan

Jika kamu terjebak macet saat pergi bekerja, kamu dapat mengisi waktu dengan membuat jadwal kegiatan pada hari tersebut atau hal-hal yang harus kamu selesaikan saat bekerja. Dengan membuat jadwal kegiatan saat terjebak macet ini, kamu akan menghemat waktu kamu saat bekerja karena kamu sudah menyusun hal-hal apa saja yang harus kamu kerjakan.

3. Melakukan aktivitas keagamaan

Kegiatan bermanfaat lain yang dapat kamu lakukan saat terjebak macet adalah dengan melakukan aktivitas keagamaan. Contohnya dengan berdzikir, mendengarkan kajian-kajian keagamaan, membaca alkitab, dan sebagainya.

4. Deep talk dengan pasangan

Jika kamu terjebak macet dengan pasangan kamu, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk deep talk dengan pasangan. Kamu bisa memulainya dengan bercerita tentang hal-hal yang akan kamu lakukan atau sudah kamu lewati seharian. Atau kamu juga bisa membahas rencana-rencana masa depan bersama pasangan kamu.

Baca Juga: Jelang Arus Mudik, Polres Kudus Gelar Operasi Pengamanan Stok BBM

5. Menonton film

Jika macetnya sangat parah, kamu bisa mengisi waktu dengan menonton film. Dengan menonton film yang kamu sukai, pikiran kamu akan teralihkan dari situasi macet yang menjengkelkan.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan saat terjebak macet. Kalau kamu biasa melakukan kegiatan apa? Yang penting untuk diperhatikan adalah jangan sampai hal yang kamu lakukan membahayakan diri kamu sendiri dan pengguna jalan lain.

Claudia