blank
Kelompok 30 KKN Tematik Universitas Sebelas Maret pelaksanaGelar Pesta Rakyat. Foto: Tim KKN

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Kelompok 30 KKN Tematik Universitas Sebelas Maret Membangun Desa, menggelar acara Pesta Rakyat “Kebangsaan dan Cinta Tanah Air”, Kegiatan terselenggara atas dengan dukungan penuh dari Kelurahan Keprabon, Surakarta.

Melalui acara ini, Kelompok 30 berusaha untuk mengenalkan, memamerkan, dan mengembangkan potensi kuliner dan wisata di Kampung Wisata Ngarsoprojo. Kampung Wisata Ngarsoprojo sendiri merupakan Kampung Wisata yang baru diresmikan tanggal 10 Januari 20204 lalu, yang terletak di belakang Pasar Triwindu.

“Hal ini menjadi perhatian utama bagi mahasiswa KKN kelompok 30, dengan mengembangkan potensi baru yang dimiliki oleh Ngarsoprojo dan juga Keprabon,” ujar anggota tim KKN.

blank
Peserta KKN Tematik melakukan foto bersama.(Foto:dok)

Dalam acara Pesta Rakyat, terdapat dua penampilan kebudayaan yang dibawakan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret serta Kelompok Karawitan Ngudi Laras. Pertama, penampilan teater monolog dari Teater OASE yang memiliki cerita seorang pribumi yang mengkhianati bangsanya sendiri dengan bergabung dalam Kolonialisme, namun sayangnya ia sendiri juga dikhianati oleh para belanda dan dibuang begitu saja.

Penampilan kedua yaitu, Kethoprak dan Karawitan Ngudi Laras yang membawakan cerita seorang anak laki-laki yang mengikuti jejak ayahnya untuk berperang melawan penjajah, meninggalkan ibu dan adik perempuannya.

Tidak hanya penampilan kebudayaan saja, kuliner keprabon pun ikut serta meramaikan kemeriahan Pesta Rakyat. Kurang lebih terdapat 12 stand UMKM Kuliner Keprabon, dengan beragam pilihan makanan dan minuman yang ditawarkan, seperti wedang ronde dan asle, gudeg, tengkleng, nasi liwet, dan masih banyak lagi.

blank

Dengan suksesnya acara pesta rakyat “Kebangsaan dan Cinta Tanah Air” ini, diharapkan semakin banyak orang yang tertarik untuk berkunjung dan menikmati pesona Kampung Wisata Ngarsoprojo. Selain itu, semangat kebersamaan dan rasa cinta tanah air yang terpancar dari acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk terus menjaga dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di Indonesia tercinta.

Rls KKN