blank
Asisten Intelijen Kejati Jateng, Dr Sunarwan, SH.,M.Hum simbolis memakaikan jaket kepada Ketua Forwaka dalam pengukuhan Forum Wartawan Kejati Jateng. Foto: Ning S/SUARABARU.ID (27/2/2024) 

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kejaksaan Tinggi  Jawa Tengah, l Made Suanarwan melalui, Asisten Intelijen, Dr Sunarwan, SH.,M.Hum menyebut bahwa peran media dalam mendukung keterbukaan informasi publik sangatlah penting.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam pengukuhan Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka) periode 2023-2027 di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/2/2024).

Sunarwan juga menegaskan komitmen kejaksaan dalam menjalin kerja sama yang baik dengan wartawan.

Pengukuhan sendiri bertujuan untuk meningkatkan hubungan sinergis antara institusi kejaksaan dan media massa dalam memberikan informasi yang akurat dan transparan kepada masyarakat.

Dalam pengukuhan dihadiri para pejabat penting dari Kejaksaan Tinggi serta sejumlah wartawan yang tergabung dalam Forwaka.

Pengukuhan secara simbolis dilakukan dengan ditandainyai penyematan pin, penyerahan kartu anggota dan jaket seragam Forwaka.

Menurut Asintel Sunarwan, jurrnalis merupakan sarana untuk menyampaikan informasi kepada publik. “Peran media dalam mendukung keterbukaan informasi publik sangatlah penting dalam konteks menjaga transparansi dan akuntabilitas sebuah lembaga, termasuk Kejaksaan,” tuturnya.

Sunarwan berharap dengan pengukuhan ini akan menjadi dorongan semangat bagi anggota Forwaka untuk menyajikan berita yang edukatif dan meningkatkan sinergi yang lebih baik.

“Harapan kami, teman-teman Forwaka dapat memberikan berita yang informatif dan edukatif kepada masyarakat Jawa Tengah. Semoga dengan terbentuknya wadah ini, sinergi kita semakin baik,” tambahnya.

Ketua Forwaka Henry P menyampaikan komitmen organisasi untuk terus meningkatkan profesionalisme dan integritas dalam meliput berita-berita terkait kejaksaan.

Ia menekankan pentingnya menjaga etika jurnalistik serta memastikan kebenaran dan keseimbangan dalam setiap pemberitaan.

”Forwaka sendiri merupakan wadah bagi para wartawan yang meliput berita terkait kejaksaan untuk berkolaborasi, bertukar informasi, serta memperkuat jalinan komunikasi dengan institusi kejaksaan,” jelas Henry.

Pengukuhan Forwaka periode 2023-2027 ini diharapkan menjadi awal yang baik dalam membangun hubungan yang harmonis antara kejaksaan dan wartawan, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya terkait tugas-tugas kejaksaan dalam menjaga keadilan dan hukum di Jawa Tengah.

Ning S