blank
Kanwil Kemenkumham Jateng gelar penguatan Reformasi Birokrasi dan Pembangunan ZI. Foto: Dok/Humas (27/2/2024)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menggelar kegiatan penguatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan pembangunan Zona Integritas (ZI) di The Sunan Hotel Surakarta, Selasa (27/2/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan birokrasi yang profesional, sistem pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN dan pelayanan yang prima.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah implementatif lainnya untuk menciptakan sistem birokrasi yang bebas korupsi.

“Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah telah melaksanakan penandatanganan komitmen aksi pencegahan korupsi tahun 2023- 2024, serta membentuk dan mengukuhkan Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) di lingkungan Kanwil,” ungkapnya.

“Kedua kegiatan tersebut merupakan komitmen Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah dalam mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah dan memberantas korupsi dengan segala bentuknya,” tambahnya.

Tejo mengatakan, upaya yang terus dilakukan jajarannya merupakan kontribusi Kemenkumham Jateng untuk meningkatkan Survei Penilaian Integritas (SPI), nilai Indeks Perilaku Antikorupsi (IPAK), dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK).

Ia juga mengungkapkan Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2023 meningkat menjadi 80,66 (memuaskan) dari nilai sebelumnya, yaitu 79,55 di tahun 2022, atau naik 1,11 poin.

Menurutnya, capaian tersebut tidak lepas dari andil Kemenkumham Jateng. “Tahun lalu Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Kanwil terbaik kedua dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi,” kata Tejo.

“Kita juga berhasil menghantarkan 12 satuan kerja, termasuk Kanwil dalam meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi. Artinya, sumbangsih kami dalam peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi Kemenkumham Jateng cukup signifikan,” imbuhnya.

Kanwil Kemenkumham Jateng juga menggelar deklarasi pencanangan pelayanan publik berbasis HAM. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kepala dan ketua tim pembangunan Zona Integritas Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kemenkumham Jateng.

Ning S