blank
Makanan khas Korea Selatan Jjajjangmyeon. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- K-food (Korean food) merupakan istilah untuk menyebutkan makanan khas buatan Korea. Beberapa makanan Korea yang terkenal seperti kimci, kimbab, bibimbab, jajangmyeon, bulgogi dan ramyeon.

Korea Selatan tidak hanya dikenal dengan drama dan musik K-Popnya, tetapi juga dengan budayanya. Cara mereka menyebarkan budayanya melalui drama sangat menarik untuk dijelajahi, termasuk makanan khasnya.

mempertimbangkan bahan dan cara memasaknya, makanan tradisional Korea, umumnya, dianggap sehat. Banyak makanan Korea yang menggunakan sayuran dan dimasak tanpa banyak minyak sehingga makanan Korea seringkali lebih rendah kalori.

Baca Juga: Tiga Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Nyeri Gigi

Di setiap drama yang ditayangkan, pasti akan selalu ada momen makanan khas Korea diperlihatkan sehingga menjadi daya tarik dan sangat menggugah selera. Dilansir dari Suara.com, berikut ini ada tujuh makanan khas Korea Selatan yang sering muncul di drama. Yuk, simak.

1. Jjigae

Jjigae adalah sebutan yang mengacu pada berbagai jenis sup atau rebusan yang terbuat dari berbagai bahan seperti daging, seafood, tofu dan sayuran. Istilah ini sering digunakan untuk menyebut hidangan sup tradisional Korea yang disajikan dalam pot atau panci panas.

Salah satu jenis Jjigae yang populer adalah Kimchi Jjigae, yang terbuat dari kimchi yang difermentasi dengan daging, seafood, atau tofu. Sup ini memiliki rasa pedas, asam, dan gurih yang khas dari kimchi, dan seringkali disajikan dengan potongan daging babi atau seafood lainnya.

Baca Juga: Selain Digunakan Sebagai Campuran Makanan, Ini Tiga Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Ada juga Sundubu Jjigae yang merupakan sup tahu pedas yang dibuat dari tahu dan potongan daging, seafood, atau sayuran. Dan masih banyak lagi. Makanan ini cocok untuk disantap saat musim dingin karena supnya yang panas dapat menghangatkan tubuh.

2. Tteokbokki

Tteokbokki adalah hidangan Korea yang terbuat dari kue beras yang dimasak dengan saus gochujang (saus cabe Korea) yang pedas. Tteokbokki biasanya disajikan dalam kuah pedas dan memiliki rasa yang manis, pedas, dan sedikit gurih, membuat makanan ini menjadi favorit.

Tteokbokki sangat mudah ditemukan, karena menjadi makanan umum orang Korea yang dijadikan cemilan. Kamu pun kini bisa menikmatinya karena sudah tersedia Tteokbokki versi frozen.

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tahan Lama, Kamu Harus Tahu!

3. BBQ

Tidak lengkap rasanya jika BBQ tidak masuk dalam daftar ini. BBQ Korea adalah salah satu makanan yang sering muncul dalam drama Korea dan juga merupakan salah satu makanan yang sangat populer di Korea Selatan. BBQ atau yang dikenal dengan nama Gogigui, adalah proses makan yang melibatkan memanggang daging segar, seperti daging sapi, daging babi, atau daging ayam, di atas panggangan yang diletakkan di tengah-tengah meja.

BBQ sering disajikan dengan berbagai macam pendamping, seperti daun selada, bawang putih, irisan bawang, kimchi, atau acar. Dengan aromanya yang menggoda dan rasa yang lezat, tidak mengherankan jika BBQ sering muncul dalam drama Korea sebagai simbol dari kehangatan dan kebersamaan ketika berkumpul bersama.

4. Naengmyeon

Naengmyeon cukup populer dan juga sering muncul dalam drama Korea. Makanan ini adalah mie dingin yang disajikan dalam sup atau saus dingin, biasanya terbuat dari buckwheat atau sweet potato starch yang memberikan tekstur kenyal dan segar.

Baca Juga: Pentingnya Manfaatkan Makanan Kaya Nutrisi dan Rendah Kalori

Biasanya, Naengmyeon disajikan dengan irisan daging sapi rebus atau panggang, telur rebus, mentimun dan direndam dalam air dingin. Rasanya yang menyegarkan dan tekstur mie yang kenyal membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk dinikmati di cuaca panas.

5. Jjajjangmyeon

Jjajangmyeon adalah makanan yang menggabungkan mie dengan pasta kacang hitam yang khas. Dalam penyajiannya, mie yang kenyal bertemu dengan pasta kacang hitam yang melimpah sehingga memberikan rasa gurih yang memikat dengan sentuhan manis.

Makanan ini dicampur dengan potongan daging yang lembut dan sayuran segar yang menambah cita rasa yang berpadu dengan sausnya yang kaya akan rasa. Makanan ini juga tak pernah luput dari drama Korea dengan kombinasi yang sempurna antara mie kenyal, saus gurih yang menggugah selera.

Baca Juga: Lima Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

6. Kimbab

Kimbap adalah Sushi versi Korea. Makanan ini terbuat dari nasi dan berbagai bahan lainnya seperti telur dadar, sayuran, daging, atau seafood yang digulung dalam rumput laut panggang. Kimbap sering disajikan sebagai bekal atau camilan ringan dan dijual diseluruh tempat, mulai dari restaurant sampai minimarket.

Kimbab juga sangat mudah dan praktis di bawa-bawa dan juga sangat mengenyangkan. Hidangan ini cocok buat kamu yang sibuk dengan ativitas yang padat, nih. Kemunculannya juga dalam drama Korea membuat kimbap menjadi salah satu ikon kuliner Korea yang dikenal secara luas di luar negeri.

7. Ayam goreng khas Korea

Dan yang terakhir ada ayam goreng, salah satu makanan terlezat di Korea. Ayam goreng khas Korea menjadi makanan andalan saat bertemu dengan banyak orang karena rasanya selalu enak di lidah banyak orang mudah dan tersedia banyak rasa yang sesuai dengan keinginan semua orang.

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tahan Lama, Kamu Harus Tahu!

Ayam goreng sangat populer karena cita rasanya yang enak untuk dikombinasikan dengan makanan dan minuman lainnya. Orang Korea selalu mengkombinasikan ayam goreng dengan bir atau mereka menyebutnya Chicken-Maekju yaitu ayam dan bir. Kalau berkunjung ke Korea Selatan tidak afdol rasanya jika tidak menikmati ayam goreng khas ala Korea ini.

Itu dia tujuh makanan khas Korea yang sering muncul di dalam drama. Mulai dari Jjigae hingga ayam goreng, semua makanan ini tidak hanya memuaskan selera, tetapi juga menghadirkan aroma dan rasa Korea yang autentik. Dengan mencicipi tujuh makanan di atas, kamu bisa merasakan kelezatan kuliner Korea yang khas, deh.

Claudia