blank
Dengan bahan daun kelor, Siti Atikoh mampu memasak dengan olahan sayur bobor. Foto: tmgp

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pentingnya pemanfaatan makanan kaya nutrisi dan rendah kalori, terus dikampanyekan dan diedukasi ke masyarakat secara kontinyu, yang dilakukan Siti Atikoh Supriyanti.

Istri Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo ini pun, mempraktikkan cara mengolahnya menjadi masakan bobor daun kelor.

Didampingi politisi PDI Perjuangan, Hevearita G Rahayu dan Agustina Wilujeng, ketiganya memasak bersama, pada kegiatan Masak Bersama dan Pameran UMKM, di Kampung Jawi, Semarang, Minggu (17/12/2023).

BACA JUGA: Silaturahmi ke Sinta Nuriyah, Siti Atikoh ‘Ngalap Berkah’

blank
Siti Atikoh bersama Hevearita G Rahayu, menyajikan makanan kaya nutrisi dan rendah kalori dengan bahan lokal. Foto: tmgp

”Ini (daun kelor-red) superfood, kalau di barat namanya morina. Kalau namanya morina jadi mahal,” kata Atikoh.

Menurut dia, Indonesia kaya dengan superfood. Tak terkecuali Kota Semarang. Nutrisi yang terdapat di dalam daun kelor, ungkapnya, bisa digunakan untuk mengatasi persoalan stunting.

”Daun kelor bisa dikombinasikan dengan telur, bakwan, juga sayur bayam. Ini bagus banget, dan bisa dikonsumsi semua umur,” lanjutnya, di depan ratusan emak-emak yang hadir siang itu.

BACA JUGA: Bangun Kemandirian Ekonomi dengan Peningkatan Keterampilan Wirausaha

Tak hanya soal pengolahan makanan, Atikoh juga mengajak para ibu untuk menanam. Contohnya, dia menanam cabai dengan tabula pot. Sehingga walau lahan terbatas, bisa dimaksimalkan dan menjadi awal dari Indonesia daulat pangan.

”Saya sudah praktikkan, tanam tiga cabai, kita nggak akan beli. Panen ini dari pohon pertama, nanti selanjutnya panen dari pohon kedua, pohon ketiga,” terang dia.

Acara memasak bersama Atikoh itu, melibatkan belasan Kelompok Wanita Tani. Mereka juga mengembangkan berbagai kuliner sehat, dari banyak macam jenis bahan makanan.

Riyan