blank
Ilustrasi nyeri gigi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sakit gigi merupakan kondisi ketika bagian dalam atau sekitar gigi dan rahang terasa sakit atau nyeri. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Sakit gigi juga dapat hilang timbul atau berlangsung secara terus-menerus.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tumbuh gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), gigi retak/patah, tambalan gigi lama yang rusak dan lain sebagainya.

Rasa sakit dan tajam yang disebabkan oleh nyeri gigi umumnya dapat membuat seseorang merasakan rasa tidak nyaman pada bagian giginya. Umumnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan nyeri gigi. Mulai dari gigi berlubang, gusi berdarah atau luka dan beberapa faktor lainnya.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Rasa Sakit Gigi Berlubang

Nyeri gigi juga dapat terjadi apabila kamu mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang dapat membuat saraf pada gigimu merespon dengan rasa sakit.

Oleh karena itu, ketika seseorang mengalami nyeri gigi, ada beberapa pantangan makanan yang perlu dihindari oleh penderita. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat alami nyeri gigi.

1. Minuman Bersoda dan Pemanis Buatan

Saat kamu mengalami nyeri gigi, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman yang mengandung kadar soda dan gula yang cukup tinggi, khususnya yang terbuat dari pemanis buatan.

Baca Juga: Sudah Dipakai Sejak Dulu, Ini 3 Obat Alami Sakit Gigi yang Dapat Dicoba

Melansir dari artikel berjudul “Foods To Be Avoided Due To Toothache”, minuman bersoda memiliki kandungan asam dan gula yang cukup tinggi yang dapat memicu saraf-saraf pada bagian gusi untuk berkontraksi.

Hal ini mampu memicu rasa nyeri pada gigi. Selain itu, minuman bersoda apabila dikonsumsi secara terus menerus dapat mengikis lapisan enamel pada gigi dan membuat gigi menjadi kurang terlindung.

2. Makanan dengan Kadar Pedas Tinggi

Bagi kamu yang menyukai makanan pedas, sepertinya harus mengurangi mengonsumsi makanan tersebut saat mengalami nyeri gigi.

Melansir dari artikel berjudul “Foods To Avoid When You’re Experiencing a Toothache” kandungan capcaisin dalam makanan pedas berisiko kian memperparah luka pada sekitar gusi yang dapat menyebabkan nyeri gigi.

Baca Juga: Tips Atasi Sakit Gigi Karena Berlubang

Selain itu, memakan makanan pedas juga bisa meningkatkan tekanan darah dan kian memperparah kondisi nyeri gigi.

3. Daging

Daging juga ternyata bisa memicu rasa nyeri pada gigi apabila dikonsumsi. Melansir dari laman halodoc.com, daging yang kurang termasak dengan baik dan cenderung keras berisiko menyebabkan terselip di sela-sela gigi dan memicu tumbuhnya bakteri pada gigi dan mulut.

Bakteri tersebut yang dapat memicu terjadinya nyeri gigi dan dapat menyebabkan plak yang bisa mengiritasi mulut. Nah, itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat mengalami nyeri gigi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia