blank
Ilustrasi sakit gigi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sakit gigi merupakan kondisi ketika bagian dalam atau sekitar gigi dan rahang terasa sakit atau nyeri. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Sakit gigi juga dapat hilang timbul atau berlangsung secara terus-menerus.

Sakit gigi terjadi akibat saraf pada akar gigi atau di sekitar gigi teriritasi. Biasanya penyebab paling umum dari sakit gigi, seperti infeksi gigi, pembusukan, cedera, atau kehilangan gigi. Nyeri pada gigi juga dapat terjadi setelah ekstraksi atau bedah minor yang dilakukan untuk mengeluarkan gigi.

Dilasir dari Suara.com, tahukah kamu? Kalau orang tua zaman dulu memakai obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi karena alat produksi belum terlalu canggih seperti sekarang ini dalam memproduksi obat-obatan jumlah besar secara cepat.

Baca Juga: Tips Atasi Sakit Gigi Karena Berlubang

Melansir dari laman aido.id, berikut ini adalah beberapa obat alami sakit gigi yang dipakai orangtua sejak dulu.

1. Garam

Untuk mengobati sakit gigi, orang zaman dulu melakukannya dengan berkumur air garam dan mengeluarkan makanan yang tersangkut di dalam gigi. Caranya pun mudah, cukup larutkan setengah sendok teh garam bersama satu gelas air hangat dan lakukan untuk berkumur-kumur sampai rasa sakit hilang.

2. Daun Jambu

Daun jambu mempunyai sifat antimikroba, antiradang dan analgesik yang bisa meredakan sakit gigi bahkan dalam sejumlah penelitian hal ini telah terbukti.

Baca Juga:Tips Sakit Gigi Karena Berlubang

Cara menggunakan daun jambu biji untuk obat sakit gigi adalah cukup menyiapkan 2 lembar daun jambu, kunyah hingga airnya keluar, kemudian oleskan sari-sari daun jambu menggunakan lidah pada gigi yang sakit. Selain itu, kita bisa merebus 5 lembar daun jambu sampai mendidih, saring dan masukkan ke dalam gelas.

3. Daun Sirih

Sejak dulu daun sirih memang dipercaya sebagai obat tradisional sakit gigi yang banyak digunakan. Caranya pun mudah, cukup kunyah daun sirih hingga warnanya berubah merah karena bisa menjadi penguat gigi, antiseptik dan juga menghilangkan bau pada mulut.

Selain dikunyah, kita pun bisa merebus daun sirih terlebih dahulu sampai mendidih, kemudian saring dan diamkan hingga hangat. Setelah itu, air rebusan ini digunakan untuk kumur-kumur sampai sakit gigi yang dirasakan pun menghilang.

Demikianlah ulasan beberapa obat alami sakit gigi yang sudah digunakan sejak jaman dahulu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia