blank
Ilustrasi penggunaan sunscreen. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menggunakan pakaian pendek di cuaca yang terik dapat membuat warna kulit menjadi tidak rata atau disebut dengan kulit belang.

Kulit belang seperti adanya bercak bisa disebut dengan melasma. Kondisi ini dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh serta paparan sinar matahari. Melasma merupakan kondisi kulit dengan bercak kebiruan, abu-abu, atau cokelat. Hal ini dapat dialami oleh wanita berusia 20 tahun hingga usia lanjut.

Kulit belang bisa disebabkan oleh bintik matahari (solar lentiginosis). Kondisi ini ditandai dengan perubahan warna di area kulit yang sering terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Area kulit yang umumnya mengalami kondisi ini adalah punggung tangan dan kaki, wajah, bahu, dan punggung bagian atas.

Baca Juga: Saat Musim Hujan Perlukah Mengaplikan Sunscreen? Yuk Simak…

Dilansir dari Suara.com, jika kulit belang sudah terlihat, hal ini tentu bisa mengurangi rasa kepercayaan diri. Sejatinya kulit belang bisa terjadi akibat adanya hiperpigmentasi yakni sebuah kondisi saat sel pigmen kulit atau melanin lebih banyak di sebuah area.

Hal ini pun bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain perubahan hormon, melasma, paparan sinar matahari dan hiperpigmentasi pascainflamasi. Seperti dirangkum dari klikdokter, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi kulit belang.

1. Selalu Pakai Tabir Surya

Untuk mengatasi kulit belang hal yang paling utama adalah dengan menggunakan tabir surya. Kita yang hidup di negara tropis harus tidak boleh absen memakai tabir surya setiap hari terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Hal ini perlu dilakukan guna melindungi kulit dari sinar ultraviolet A dan B.

Baca Juga: Tak Disadari, Ini Enam Kesalahan Penggunaan Sunscreen Dalam Kegiatan Sehari-hari

2. Memakai Pakaian Tertutup

Cara mengatasi kulit belang yang lain bisa dihindari dengan jangan memakai pakaian terbuka apalagi saat cuaca terik. Sebaiknya pakai pakaian tertutup dan khususnya ketika melakukan aktivitas di luar ruangan.

Selain itu, kita juga bisa memakai pelindung dari sinar terik matahari dengan menggunakan payung dan topi guna mengurangi paparan sinar matahari langsung.

3. Gel Lidah Buaya

Proses hiperpigmentasi atau kulit belang ini bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung. Pada saat kulit terbakar oleh sinar matahari, gel lidah buaya dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi kulit belang ini.

Untuk mengatasi kulit belang dengan penggunaan gel lidah buaya adalah bisa membantu menenangkan kulit dan mencegah timbulnya kulit belang suatu saat nanti.

Pada saat menggunakan gel lidah buaya, kita bisa memakainya sebelum tabir surya dan gel ini bisa diterapkan ke kulit setiap dua jam sekali.

Demikianlah tadi beberapa tips dalam mengatasi kulit belang yang bisa mengurangi rasa percaya diri bisa juga dengan memakai bahan alami seperti gel lidah buaya lho. Semoga bermanfaat.

Claudia