Puluhan siswa SD Kanisius Tlogosari Kulon "menyerbu" Pasar Satrio Wibowo, para gurunya pun memfoto kegiatan ini. Foto: Wied

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lebih dari 80 anak menyerbu Pasar Satrio Wibowo di Perumnas Tlogosari, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Kamis (11/1/2024).

Tentu bukan untuk melakukan kerusuhan. Mereka adalah siswa SD Kanisius Tlogosari Kulon, yang pagi tadi melakukan pembelajaran di luar kelas dengan berbelanja di pasar.

“Anak-anak kami ajak belanja di pasar, untuk mengenal bagaimana suasana pasar tradisional,” ujar Aditya, guru kelas 4 A.

Aditya mengatakan, kelas 4 terdapat tiga di SD Kanisius Tlogosari Kulon. “Ketiga kelas itu bersama-sama diajak ke pasar dengan disertai guru-gurunya saya sendiri, Bu Yayuk, dan Bu Sita,” ujar Aditya.

Para siswa sedang berbelanja di Pasar Satrio Wibowo. Foto: wied

Baca juga SD Kanisius Tlogosari Kulon Bersama Warga Hilangkan Bau Selokan dengan Eco Enzyme

Selain mengenalkan suasana pasar tradisional pada anak-anak, tambah Aditya, kegiatan ini juga mengajarkan kearifan lokal. “Anak-anak bisa berinteraksi dengan pedagang, tidak seperti belanja di supermarket,” ujar Aditya.

Pembelajaran di luar dengan belanja di pasar tradisional ini, tambahnya, juga mengimplementasikan Pelajaran matematika dan IPAS (ilmu pengetahuan alam dan sosial).