blank
Ilustrasi berpergian menggunakan sepeda motor. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Liburan akhir tahun merupakan waktu yang dinantikan oleh banyak orang untuk bersantai, merayakan momen bersama keluarga, atau menjelajahi destinasi baru.

Pada waktu akhir tahun seperti sekarang ini, tentunya banyak sekali orang yang sudah memasuki masa libur panjang dalam perayaan natal 2023 dan tahun baru 2024. Umumnya libur yang dikenal dengan nama “Libur Nataru” ini dilakukan sekitar 7-10 hari terhitung saat perayaan hari natal yang jatuh tepat pada tanggal 25 Desember.

Sebagian orang memanfaatkan hal ini untuk berlibur atau pulang ke kampung halaman guna berkumpul bersama keluarga setelah setahun penuh bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Baca Juga: Lima Tips Memilih Sepatu yang Cocok Saat Musim Hujam

Bagi para kaum perantau, tentunya berlibur menggunakan beberapa moda transportasi seperti sepeda motor cukup lazim ditemui saat masa libur nataru. Namun, tentunya sebelum melakukan mudik dengan motor ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari Suara.com, berikut 3 hal yang harus diperhatikan saat ingin berlibur dengan sepeda motor.

1. Pastikan Keadaan Sepeda Motormu dalam Kondisi Baik

Hal yang paling mendasar sebelum melakukan mudik dengan sepeda motor adalah memastikan kendaraanmu dalam kondisi yang baik dan siap dibawa berkendara dengan jarak cukup jauh. Usahakan kamu memeriksa kondisi beberapa bagian sepeda motormu seperti roda, mesin, sistem kelistrikan dan beberapa komponen lainnya.

Baca Juga: Tips Mudah agar Kamu Selalu Tampil Awet Muda, Simak yuk!

Kamu bisa pula menservis motormu ke bengkel terpercaya sebelum digunakan untuk mudik. Saat menservis motor tersebut, umumnya pegawai bengkel akan membersihkan komponen bagian dalam guna siap digunakan untuk berkendara jarak jauh.

Selain itu, apabila oli mesin pada sepeda motor memerlukan diganti, usahakan kamu segera mengganti oli mesin tersebut agar performa motormu kian prima saat digunakan berkendara jarak jauh.

2. Pastikan Kondisi Kesehatan Dirimu

Selain sepeda motor yang harus diperhatikan kesiapannya, dirimu sendiri selaku orang yang mengendarai kendaraan tersebut juga harus dalam keadaan prima. Usahakan kamu tidak sedang dalam kondisi sakit menjelang atau saat mudik dengan sepeda motor.

Hal ini dikarenakan ketika kita dalam kondisi kurang begitu fit, maka konsentrasi berkendara akan terganggu. Apabila kamu merasa kurang begitu enak badan, maka pilihlah berkendara dengan moda transportasi umum saat mudik.

3. Pastikan Kelengkapan Barang Bawaanmu Memadai

Ketika berkendara dengan jarak jauh menggunakan motor, pastikan kamu membawa perlengkapan yang memadai. Kamu bisa membawa jas atau mantel hujan guna berjaga-jaga saat terjadi hujan di perjalanan.

Kamu juga dapat memakai pakaian tebal guna melindungi dirimu dari terpaan angin ketika berkendara. Intinya, pastikan dirimu membawa perlengkapan yang sekiranya kamu butuhkan saat mudik dan tentunya barang tersebut jangalah terlalu berat karena sepeda motor sejatinya tidak dirancang untuk membawa beban terlalu berat.

Nah, itulah 3 hal yang mungkin bisa kamu persiapkan sebelum mudik dengan motor saat libur akhir tahun. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia