blank
Wanita awet muda. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dengan bertambahnya usia, kamu tentu akan mengalami tanda penuaan secara alami pada tubuh. Apa tanda-tanda penuaan yang akan dialami pada tubuh?

Tanda-tanda tersebut salah satunya adalah kulit yang menjadi kasar dan akan mengendur, tidak lagi elastis.

Diketahui, tanda penuaan juga bisa dialami mereka yang masih muda. Karena kondisi ini juga dapat dipicu oleh berbagai faktor. Seperti paparan sinar ultraviolet yang berlebih, stres, obesitas, kebiasaan merokok, hingga polusi.

Namun sebenarnya tanda penuaan dapat dihambat perkembangannya sejak dini. Ada beberapa perawatan kulit sebagai tips mudah untuk selalu tampil awet muda yang dapat kamu coba.

Melansir dari Halodoc, ada beberapa tips mudah untuk tampil awet muda
yang dapat kamu coba, yuk simak!

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu tips awet muda yang penting dilakukan yaitu menjaga kulit dengan memperhatikan kesehatannya. Jika kulit kamu sehat, maka orang lain yang melihatmu akan menduga jika kamu lebih muda daripada usia sebenarnya.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah (diri) dari sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit. Memang terlihat sepele, tetapi hal tersebut bisa menjadi hal yang sangat penting terhadap kesehatan kulit.

Selain perawatan dari luar, kamu juga harus merawatnya dari dalam dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Tujuannya agar kulit terhidrasi dengan baik, sehingga kulit bisa menjadi lebih cerah dan terlihat awet muda.

2. Mengontrol Asupan

Mengontrol asupan yang dikonsumsi dan memperhatikan gizi pada makanan setiap harinya merupakan tips awet muda yang penting. Berhentilah makan jika kamu sudah merasa kenyang. Jangan tergoda dengan makanan yang ada di depan mata lalu menghabiskannya begitu saja.

Konsumsilah makanan seperti alpukat yang mengandung biotin yang berfungsi menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Kandungan lain seperti antioksidan, vitamin C, vitamin E dan asam lemak tak jenuh juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas, dan menjaga agar kulit kamu tetap awet muda.

3. Berhenti Merokok

Merokok dapat membuatmu terlihat lebih tua dibanding usiamu saat ini. Rokok dapat menyebabkan kulit mudah berkerut, munculnya garis penuaan di sekitar mulut, dan juga mata. Bukan hanya itu, rokok juga bisa membuat kulitmu terlihat kusam dan gigi menjadi berwarna kuning.

4. Menggunakan Tabir Surya

Untuk menjaga kulit terlihat awet muda, salah satu tips yang patut dilakukan adalah menggunakan tabir surya setiap harinya. Khususnya ketika kamu sedang beraktivitas di luar rumah, baik ketika cuaca sedang panas maupun sedang hujan.

Sebab, sinar UV diketahui dapat mempercepat efek penuaan. Pastikan untuk menggunakan tabir surya yang memiliki SPF minimal 30 dan memiliki ketahanan air. Agar tubuh terlindungi dari sinar UVA dan UVB matahari secara optimal.

5. Batasi Asupan Alkohol

Konsumsi terlalu banyak alkohol dapat melebarkan pembuluh darah sekaligus membuat kulit dehidrasi. Seiring berjalannya waktu, kedua dampak negatif tersebut dapat merusak kulit. Sebagai contoh, pembuluh darah yang melebar berisiko pecah dan memicu terjadinya rosacea. Rosacea sendiri merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan kemerahan dan jerawat kecil.

Itulah beberapa tips mudah untuk selalu tampil awet muda. Mulai dari menjaga kesehatan kulit, mengontrol asupan yang dikonsumsi, hingga membatasi asupan alkohol. Tidak hanya murah, dengan tips awet muda di atas juga aman dan nyaman untuk dilakukan pada kehidupan sehari-hari.

Pastikan juga untuk memenuhi segala asupan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kulit. Seperti vitamin C dan vitamin E yang memiliki kandungan antioksidan. Semoga bermanfaat!

Ning S