blank
Pengurus Perbasi Brebes dan Wonosobo foto bersama. Foto : SB/dok Humas Koni

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Brebes melakukan studi banding ke Perbasi dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Wonosobo.

Pertemuan yang digelar di Prasasti Caffe tersebut diikuti oleh 4 perwakilan Perbasi Brebes dan disambut Pengurus Cabor Perbasi, atlet serta Ketua KONI Wonosobo Khozin.

Ketua KONI Wonosobo, Khozin, Rabu (27/12/2023), mengatakan Perbasi Brebes memilih Perbasi dan KONI Wonosobo sebagai lokasi studi banding karena pada tahun 2023 Perbasi dan KONI setempat banyak melakukan kegiatan dan banyak disuport pemerintah daerah.

“Perbasi dan KONI Wonosobo selama ini memang mendapat dukungan dana dari APBD. Anggaran yang diberikan pemerintah dimanfaatkan untuk pembinaan atlet dan persiapan Porprov Jateng,” katanya.

Sekertaris Cabor Perbasi Wonosobo Fuadi Diantoro menambahkan sebagai Cabor baru di Brebes, Perbasi ingin belajar banyak dari Perbasi Wonosobo. Bagaimana mengelola organisasi olahraga yang baik.

“Perbasi Brebes baru saja terbentuk 6 bulan lalu. Mereka ingin mengetahui tata kelola organisasi dan administrasi. Bagaimana alur pembentukan klub klub baru,” jelasnya.

Merasa Kagum

blank
Pengurus Perbasi Brebes menikmati durian lokal Wonosobo foto bersama. Foto : SB/dok Humas Koni

Pada acara tersebut, Perbasi Brebes mengaku kagum terhadap hubungan baik antara Perbasi dan KONI Wonosobo. Komunikasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olaharga selama ini juga terjalin cukup harmonis.

Hal tersebut berbeda dengan Kota/Kabupaten lain yang dinilai kurang harmonis. Kekaguman mereka semakin kuat dengan hadirnya Ketua KONI membersamai dan memberikan sambutan dalam acara studi banding tersebut. Hal itu juga sebagai bentuk pendampingan terhadap Cabor yang dinaunginya.

Selain itu, mereka juga tertarik dengan pengelolaan anggaran yang dimiliki KONI untuk Cabor-Cabor yang berada di bawah naungannya. Dengan dana terbatas, KONI Wonosobo dapat bersaing dengan Cabor dan atlet-atlet dari daerah lain.

Pada acara yang dihadiri oleh 15 orang tersebut, Perbasi Wonosobo juga menyuguhkan buah durian lokal untuk para peserta studi banding. Hal itu sekaligus untuk mengenalkan pontensi buah durian daerah Wonosobo ke masyarakat Brebes .

Fuadi Diantoro berharap bahwa silaturahmi dan studi banding antara Perbasi Brebes dengan Perbasi Wonosobo terus berlanjut. Ke depan harus ada kerjasama antar Perbasi untuk menunjang prestasi bola basket di Jawa Tengah.

Muharno Zarka