Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar Malam Misa Natal di Gereja Oikumene Immanuel Lapas Semarang. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jelang Natal 2023, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar Malam Misa Natal di Gereja Oikumene Immanuel Lapas Semarang, Minggu (24/12/2023).

Sebanyak 155 warga binaan (narapidana) Nasrani Lapas Semarang akan melaksanakan perayaan Hari Raya Natal pada 25 Desember.

Kalapas Semarang, Usman Madjid mengatakan, Malam Misa merupakan satu rangkaian dalam memperingati Hari Lahirnya Yesus Kristus.

Usman Madjid yang didampingi seluruh pejabat struktural dan regu pengamanan Lapas melakukan kegiatan pengamanan, serta mengawasi pelaksanaan Malam Misa Natal untuk memastikan kegiatan suci tersebut berlangsung khidmat, tertib, dan aman.

BACA JUGA: Jelang Nataru Lapas Semarang Gelar Razia Kamar Hunian Napi, Ditemukan Handphone hingga Pisau Rakitan

“Kita melakukan kegiatan pengamanan guna memastikan warga binaan mendapatkan haknya untuk beribadah. Ini menjadi momen bagi semuanya untuk bertoleransi antar umat beragama, demi menjaga kerukunan yang telah dibangun di Lapas Kelas I Semarang,” ucapnya.

Pada malam tersebut juga dilaksanakan Ibadah Malam Natal secara Virtual Zoom bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dengan seluruh narapidana Lapas Kelas I Semarang yang beragama Nasrani.

“Kegiatan Malam Misa dilaksanakan bersama Yayasan Pelayanan Kasih Bethesda dengan tema “Hidup Kekal: Hadiah dari Sang Natal”, ” ungkap Usman.

Pada Misa Malam Natal secara virtual juga dihadiri oleh Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran dan Pdt. Gatut dan Pdt. Esther Budiyono sebagai pengkhotbah, dan diikuti oleh seluruh Lapas, Rutan serta LPKA se-Indonesia.

BACA JUGA: Rakor Timpora, Kalapas Usman Sebut Ada 16 WNA Jalani Pidana di Lapas Semarang 

Usai dilaksanakan virtual, dilanjutkan dengan Ibadah Misa Malam Natal di Gereja Oikumene Immanuel Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Semarang dari tim Paroki BSB dengan tema “Pembaharuan Jiwa dalam Kristus Yesus”.

Usman berharap kegiatan Malam Misa Natal bisa menjadi motivasi bagi warga binaan untuk terus berperilaku baik dan merefleksikan diri.

“Semoga kegiatan Malam Misa Natal ini bisa menjadi motivasi bagi warga binaan untuk terus berperilaku baik dan merefleksikan diri dan  bertobat dari kesalahan lalu yang pernah dilakukan,” kata Usman.

Ning S