blank
Manager ASP, Kom, dan Mum PLN UIK Tanjung Jati B, Jatie Kuncara, menerima penghargaan ICA 2023

JEPARA (SUARABARU.ID) – Prestasi gemilang kembali dicapai PLN UIK Tanjung Jati B dengan meraih dua penghargaan bergengsi, yaitu Indonesia CSR Awards (ICA) 2023 dan Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2023, yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD). Penghargaan ini diterima pada acara puncak di Jakarta pada 4 Desember 2023.

Program unggulan PLN UIK Tanjung Jati B yang berhasil mendapatkan pengakuan kategori gold dari ICA adalah “Tubanan Agroforestry”. Program ini telah memberikan dampak positif dan signifikan terhadap masyarakat desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Melalui program ini, PLN UIK Tanjung Jati B berhasil menciptakan lapangan kerja dan pengembangan keterampilan bagi masyarakat setempat.

blank
Budidaya lebah madu sebagai strategi menjaga hutan, salah satu bagian dari program Tubanan Agroforestry

Selain itu, PLN UIK Tanjung Jati B juga meraih penghargaan melalui program CSR “Super Man Sumanding”, yang secara impresif berkontribusi dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 13.2 (b) tentang Mitigasi Perubahan Iklim. Program yang dilaksanakan di desa Sumanding, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini mendapatkan penghargaan ISDA 2023 kategori gold.

Dalam menjalankan program-program CSR yang mendapatkan penghargaan pada ICA dan ISDA 2023, General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Dony Ocniza, menyampaikan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang diraih. “Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen PLN UIK Tanjung Jati B dalam menjalankan program CSR yang berdampak positif pada lingkungan dan masyarakat sekitar,” ujar Dony dengan penuh semangat.

blank
Edukasi dan pelatihan kepada Kelompok Wanita Tani, salah satu bagian dari Program Super Man Sumanding

Lebih lanjut Dony menekankan, setiap program yang dijalankan oleh PLN UIK Tanjung Jati B tidak hanya sekadar membantu masyarakat, tetapi juga merangkul mereka sebagai mitra dalam pembangunan berkelanjutan. “Kami percaya bahwa setiap langkah kecil dapat memberikan dampak besar. Penghargaan ini bukan hanya milik kami di PLN UIK Tanjung Jati B, melainkan juga milik seluruh masyarakat yang turut terlibat dan mendukung setiap inisiatif yang kami jalankan,” tambahnya.

Dony Ocniza juga menyampaikan apresiasi kepada tim internal dan seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan keberhasilan ini. “Tentu saja, prestasi ini tak terlepas dari kerja keras tim internal PLN UIK Tanjung Jati B dan kerjasama yang erat dengan masyarakat lokal. Ini adalah pencapaian bersama yang menggambarkan sinergi positif antara perusahaan dan masyarakat,” tutup Dony.

blank
U-Ditch dari FABA, salah satu bagian dari Program Super Man Sumanding

Program Super Man Sumanding (Macul – Angon – Ngalas) merupakan inisiatif PLN UIK Tanjung Jati B untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Sumanding. Program ini mengusung prinsip pola pertanian LEISA (Low External Input Sustainable Agriculture), yang mengintegrasikan kegiatan pertanian, peternakan, dan perkebunan dalam sebuah wilayah desa.

Penerapan program ini melibatkan berbagai aspek, seperti pemanfaatan sumber daya lokal, diversifikasi produk, dan upaya menjaga keberlanjutan usaha. Melalui Super Man Sumanding, PLN UIK Tanjung Jati B tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga berupaya mendukung pengembangan ekonomi lokal dengan memberdayakan masyarakat setempat.

blank
Aplikasi Super Man Sumanding yang memudahkan masyarakat untuk mengakses pengetahuan, salah satu bagian dari Program Super Man Sumanding

Sementara, program Tubanan Agroforestry merupakan langkah nyata PLN UIK Tanjung Jati B dalam pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan hutan secara berkelanjutan. Dengan menerapkan sistem Regenerative Agriculture, program ini bertujuan menciptakan “Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera”. Berbagai komponen program, seperti pengelolaan tanah, pupuk organik, lahan agroforestry, ternak, dan pemanfaatan biogas, diimplementasikan secara holistik. PLN UIK Tanjung Jati B aktif mengembangkan kandang komunal, memanfaatkan limbah biogas sebagai pupuk, dan mendukung budidaya lebah madu sebagai strategi menjaga hutan.

Dengan meraih penghargaan ICA dan ISDA 2023, PLN UIK Tanjung Jati B terus membuktikan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan dan kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan bukanlah sekadar slogan, tetapi sebuah komitmen nyata yang dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar. PLN UIK Tanjung Jati B berkomitmen akan terus berinovasi dan berkontribusi positif demi terwujudnya lingkungan yang berkelanjutan dan masyarakat yang sejahtera.

Hadepe