Tiga Guru Besar dikukuhkan oleh Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak. Foto: Dok/UKSW pu

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini. Terpujilah nama Tuhan diantara segala bangsa,” pungkas dosen yang pernah menangani berbagai kasus selebriti tanah air ini.

Terinspirasi permainan sepak bola

Sementara itu, Prof. Hindriyanto Dwi Purnomo, S.T., M.IT., Ph.D., menyampaikan pidato ilmiah berjudul “Soccer Game Optimization: Integrasi Evolutionary Algorithm dan Swarm Intelligence Algorithm”. Lahir di Klaten 19 November 1980, Prof. Hindriyanto Dwi Purnomo menunjukkan ketertarikan dengan dunia sains sejak kecil. Hal ini yang juga membawanya lulus sebagai sarjana teknik. Ketertarikannya pada dunia kecerdasan buatan membawanya memulai karir di dunia pendidikan dan bergabung di UKSW sejak April 2005.

Pada penelitiannya, ia berfokus pada penerapan kecerdasan buatan untuk keperluan industri. Seperti optimalisasi rute untuk meminimalkan biaya logistik, menentukan peletakan peralatan atau mesin di perusahaan manufaktur, dan optimalisasi peletakan fasilitas proyek konstruksi. Ia mengenalkan metaheuristic yang terinspirasi dari permainan sepak bola yang mengintegrasikan Evolutionary Algorithm dan Swarm Intelligence Algorithm, dan diberi nama Soccer Game Optimization (SGO).

Dinyatakannya, ide dasar SGO terinspirasi dari pemain sepakbola ketika membawa bola di mana setiap pemain akan berusaha mencari posisi yang menguntungkan. Saat ini aktif memperkenalkan dan mengembangkan kecerdasan buatan kepada Masyarakat. Hal ini dilakukan dengan melakukan pelatihan dan pendampingan.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang berperan dalam pencapaian Guru Besar saya,” pungkasnya.

Hadir dalam pengukuhan Guru Besar Ketua Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga diwakili oleh Sekretariat Daerah Ir. Wuri Pujiastuti, MM., Forkopimda Kota salatiga, Ketua dan jajaran Pembina, Pengurus, dan Pengawas Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW), Vice President Djarum Foundation, Direktur RSUD Kota Salatiga, Para Guru Besar kehormatan dari FH Universitas Negeri Jember, Universitas Diponegoro dan para undangan lainnya.

Ning S