Kapolsek Muntilan AKP Muthohir melepas merpati menandai dimulainya lomba, Sabtu (25/11/23). Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Dalam rangka menjaga kondusivitas wilayah agar damai dan aman menjelang Pemilu 2024, Kapolsek Muntilan, Polresta Magelang, mengadakan lomba adu cepat burung merpati. Lomba tersebut memperebutkan piala Kapolsek Muntilan I, dimulai Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan yang bertujuan merangkul komunitas pecinta merpati kolong itu digelar di Lapak Gondosuli Bersatu (LGB) Dusun Carikan, Desa Gondosuli, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Tercatat ada 500 burung merpati berlaga memperebutkan piala Kapolsek Muntilan dan uang pembinaan puluhan juta rupiah.

Mengawali acara itu, Kapolsek Muntilan menyampaikan imbauan dan pesan kamtibmas kepada peserta lomba. Disampaikan pula dukunganya atas kegiatan lomba merpati kolong itu.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kebersamaan forum komunitas penggemar merpati dan anggota Polri Polsek Muntilan dalam rangka menjaga kondusivitas wilayah menjelang Pemilu 2024. Salah satunya dengan menjauhi tindakan melanggar hukum dan menjauhi penyakit masyarakat.

“Saya tegaskan bahwa dalam lomba merpati kolong ini harus bersih dari perjudian, miras dan narkoba,” kata AKP Abdul Muthohir.

Dia juga berpesan panitia bisa menjaga ketertiban dan keamanan, agar lomba bisa berjalan lancar, aman, sukses tanpa ekses. Kepada peserta diminta tetap menjunjung tinggi sportivitas dalam perlombaan.

Sementara itu Ketua Panitia, Doni, menyampaikan bahwa lomba merpati kolong Kapolsek Muntilan Cup I diikuti oleh 500 merpati kolong yang siap berlaga. Lomba berlangsung dua hari Sabtu-Minggu tanggal 25-26 November 2023.

Disebutkan, itu lomba merpati kolong yang pertama untuk piala Kapolsek Muntilan. Dia berharap komunitas merpati kolong di wilayah Muntilan bisa berpartisipasi dan lebih dekat dengan Kepolisian. “Jangan takut ketika mengadakan kegiatan, karena pihak Kepolisian tidak akan mempersulit izin apabila panitia menjamin Kamtibmas sebelum, selama, dan sesudah kegiatan,” kata Doni.

Terpisah, Kapolresta Magelang, Kombes Pol Ruruh Wicaksono, mengapresiasi kegiatan tersebut.
Dikatakan, pihaknya mendukung segala upaya kegiatan yang bertujuan mengajak masyarakat menjaga kamtibmas, terlebih menjelang Pemilu 2024.

“Silakan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang mendukung pemeliharaan dan peningkatan kamtibmas. Tetap jaga iklim sejuk dan kondusif di wilayah Kabupaten Magelang dalam menghadapi Pemilu 2024,” pintanya.

Eko Priyono