blank
ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID0- Terong belanda atau dalam bahasa Inggris disebut Tree Tomato atau Tamarill merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cukup lazim dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Umumnya terong belanda menjadi bahan baku dari beragai jenis makanan, mulai dari kue, dan salad. Kamu juga bisa mengonsumsinya secara langsung dengan cara menjadikannya jus, atau memakan buahnya langsung.

Terong belanda ungu atau dikenal juga dengan terong belanda merupakan buah yang memiliki rasa unik dan tidak seperti terong ungu sayur pada umumnya.

Dikenal memiliki rasa asam, terong belanda termasuk buah dari keluarga terong yang berwarna merah atau kuning jingga. Buah dengan nama lain tamarillo ini mengandung banyak air dan beraroma segar.

Baca Juga: Selain Dimakan Langsung dan Dibuat Rujak, Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Timun Rebus

Kandungan mineral dan potasium pada terong Belanda dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Selain itu, karotenoid dalam buah ini membantu mengurangi risiko penyakit arteri koroner yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Mengonsumsi terong belanda bisa mencegah anemia. Anemia adalah kurangnya sel darah merah atau sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Kandungan berbagai vitamin, mineral zat besi, dan serat pada terong belanda dipercaya memiliki khasiat menambah darah sehingga bisa mencegah terjadinya anemia.

Hal ini dikarenakan buah yang memiliki warna merah kekuningan ini dikenal memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Dilansir dari Suara.com berikut 3 manfaat dari mengonsumsi terong belanda.

Baca Juga:Manfaat Penggunaan Lotion untuk Kulit yang Harus Anda Ketahui!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Terong belanda memiliki kandungan senyawa yang dikenal baik untuk memperlancar peredaran darah. Melansir dari situs halodoc.com, kandungan karotenoid dan antosianin yang terdapat pada buah ini diyakini dapat menurukan tekanan darah dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Senyawa karotenoid yang terdapat pada buah ini juga dapat meningkatkan sensifitas insulin dan mengobati peradangan. Bahkan, mengonsumsi buah ini juga diyakini dapat menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko terkena kanker.

Terong Belanda juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang tengah menjalani program diet karena dikenal cukup rendah gula dan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Baca Juga: Sering Digunakan Sebagai Bumbu dan Obat-obatan, Ini 3 Manfaat Tanaman Jahe untuk Sehari-hari

2. Baik untuk Kesehatan Tulang

Mengonsumsi terong belanda secara teratur dan dalam jumlah wajar juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Dilansir oleh artikel berjudul “Antioxidant Potential of Tamarillo Fruits—Chemical and Infrared Spectroscopy Analysis”, buah ini cukup kaya dengan kandungan fosfor yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang.

Buah ini juga dikenal memiliki kandungan kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, fosfor tersebut juga dapat meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh.

3. Sumber Vitamin Harian

Buah dengan ukuran kurang dari genggaman orang dewasa ini juga dikenal sebagai salah satu buah yang dianjurkan dikonsumsi untuk memenuhi sumber vitamin harian. Menyadur dari artikel dalam “The Proceedings of the Nutrition Society”, terong belanda kaya akan vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, terong belanda juga kaya akan vitamin B1 dan B2 yang dapat membantu menangkal radikal bebas pemicu penyakit.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi buah terong belanda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia