ilustrasi. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Mentimun atau timun atau dengan nama lain Cucumis sativus L. merupakan salah satu jenis sayuran dari family Cucurbitales yang sudah populer di seluruh dunia. Menurut sejarahnya tanaman mentimun berasal dari benua Asia.

Buah mentimun biasanya dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi untuk dijadikan sayuran, penyegar, atau asinan tergantung jenisnya. Timun mengandung Cucurbitacin B (CuB) dalam jumlah yang tinggi. Senyawa tumbuhan alami ini dapat membantu melindungi tubuh dari kanker.

Timun rebus memiliki kandungan kalium yang baik untuk menstabilkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Manfaat Timun untuk Wajah, Begini Cara Pemakaiannya

Waktu yang paling nyaman untuk makan timun rebus adalah sebelum makan malam, karena timun rebus memiliki efek penangkal yang sangat kuat. Makan timun dulu, baru makanan lain, barulah penyerapan lemak dan garam ke dalam tubuh setelah timun akan dikeluarkan sepenuhnya dari tubuh.

Timun rebus umumnya dimakan secara langsung atau menjadi bahan baku beberapa jenis makanan seperti rujak. Orang-orang yang merebus timun umumnya akan menambahkan sedikit garam sebagai penambah citarasa. Namun, ternyata timun rebus ini memiliki sejuta khasiat apabila dikonsumsi. Berikut 3 manfaat dari mengonsumsi timun rebus.

1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Mentimun memang dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki senyawa yang berperan sebagai antioksidan alami. Melansir dari artikel dalam jurnal “International Journal of Biomedical Science”, menyebutkan bahwa timun kaya akan berbagai macam senyawa seperti Vitamin C, Vitamin K, magnesium dan kalium yang berperan sebagai penguat sistem imun pada tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Ketimun untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, mentimun yang telah direbus juga dianggap memiliki kandungan tannin dan flavonoid yang baik bagi kesehatan. Kedua senyawa tersebut dapat memblokir radikal bebas yang datang dari luar dan memaksimalkan sistem metabolisme pada tubuh.

2. Asupan Air Bagi Tubuh

Timun dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya dengan kandungan air. Melansir dari artikel berjudul “Contribution of water from food and fluids to total water intake: Analysis of a French and UK population surveys”, mentimun yang telah direbus tidak terlalu lama diyakini memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan sangat baik untuk menghidrasi tubuh.

Meskipun demikian, timun yang tidak mengalami proses perebusan juga masih memiliki kadar air yang cukup besar. Oleh karena itu, mengonsumsi mentimun diyakini dapat memenuhi sepersekian persen kebutuhan air harian bagi manusia. Bahkan, beberapa studi juga menyebutkan sekitar 40% asupan air harian sejatinya didapatkan dari makanan sehari-hari.

Baca Juga: 6 Manfaat Masker Mentimun untuk Kulit Wajah, Simak!

3. Mengurangi Risiko Pertumbuhan Sel Kanker

Salah satu manfaat dari mengonsumsi mentimun yang jarang diketahui adalah dapat mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker. Melansir dari artikel berjudul “Abstract 612: Fisetin, a dietary flavonoid and novel mTOR inhibitor for treatment and prevention of prostate cancer”, kandungan flavonoid yang terdapat dalam mentimun diyakini dapat mengurangi risiko munculnya sel kanker akibat paparan radikal bebas.

Mentimun juga kaya kandungan senyawa yang disebut cucurbitacins dan lignan. Kedua senyawa tersebut diyakini dapat mencegah aktifnya sel kanker pada tubuh yang disebabkan paparan radikal bebas dan dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi timun rebus. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia