Ilustrasi berkebun. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Berkebun merupakan kegiatan memanfaatkan sebidang tanah atau lahan sebagai tempat menanam tumbuhan menurut . Kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja.

Aktivitas berkebun tidak hanya sekedar mengubah ruang terbuka hijau agar menjadi tampak asri. Lebih dari itu, berkebun ternyata mampu menjaga kesehatan jiwa dan raga kita bahkan mempererat hubungan antar keluarga.

Berkebun bukan hanya sekadar menanam dan merawat tumbuhan saja, ternyata kegiatan berkebun juga memiliki dampak untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Salah satu manfaat berkebun adalah tubuh bisa memproduksi vitamin D. Sebab, jika berkebun di pagi hari, kita biasanya akan terpapar sinar matahari.

Baca Juga: Selain Menjadi Hobi yang Menyenangkan, Ini 5 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Mental

Dilansir dari Suara.com tak hanya membuat taman jadi cantik, tapi manfaat berkebun juga dapat membantu mengurangi polusi. Udara di sekitar kita sering kali banyak kotoran dan zat-zat yang tidak sehat, seperti CO2 dan polutan lainnya. Nah, ketika kamu berkebun, tanaman-tanaman tersebut berperan sebagai penyaring alami.

Mengutip dari healthline.com, berikut ini adalah sejumlah keuntungan yang akan kita peroleh dari berkebun, antara lain yaitu:

1. Memperkuat imunitas tubuh

Kegiatan berkebun di luar ruangan terutama saat pagi hari membuat kita terpapar sinar matahari. Tentu kita semua tahu bahwa sinar matahari pagi sangat bermanfaat bagi tubuh. Gelombang ultraviolet dari sinar matahari yang mengenai kulit kita akan memicu sintesis vitamin D di dalam tubuh.

Baca Juga: Memiliki Lahan Sempit Tapi Ingin Berkebun? Yuk Simak 6 Tips Membuat Vertical Garden Di Rumah

Selain memperkuat tulang, vitamin D juga berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, sebuah artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal MEDULA (2019) mengungkap bahwa vitamin D juga mampu mencegah beberapa penyakit degeneratif seperti penyakit kardiovaskular, diabetes melitus, kelemahan otot, hingga kanker. Namun perlu diingat, untuk memperoleh kebaikan vitamin D dari sinar matahari jangan dilakukan dengan sengaja berlama-lama di bawah terik matahari ya.

2. Sebagai sarana olahraga

Dalam jurnal Clinical Medicine (2018) disebutkan bahwa berkebun di rumah ternyata bermanfaat sebagai sarana olahraga. Alasannya, kegiatan berkebun melibatkan latihan kekuatan otot dengan cara menyapu, memotong rumput, bahkan menggali tanah.

Kegiatan tersebut tergolong sebagai salah satu bentuk olahraga ringan. Aktivitas fisik saat berkebun juga membantu menyeimbangkan berat badan terutama bagi para lansia. Untuk anak-anak, kegiatan berkebun dapat membantu memperbaiki kualitas tidur mereka.

Baca Juga: Hidroponik, cara berkebun di rumah di lahan yang sempit

3. Mencegah pikun pada lansia

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan otak manusia untuk mengingat akan sedikit mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, berkebun diharapkan menjadi salah satu sarana kegiatan yang bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif otak terutama bagi lansia.

Terdapat sebuah studi di Korea yang membuktikan bahwa aktivitas berkebun selama 20 menit pada penderita demensia ternyata mampu meningkatkan pertumbuhan saraf otak terkait dengan memori baik.

4. Memperbaiki suasana hati

Seseorang yang menghabiskan waktu dengan berkebun, terbukti memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang lebih rendah. Menyiram tanaman di kebun dipercaya dapat memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin yang meningkatkan suasana hati (mood booster).

Baca Juga: Mau berkebun tapi tidak punya lahan begini caranya

Mengutip artikel dalam blog National Wildlife Federation, hormon serotonin juga dipicu oleh salah satu jenis bakteri tanah yaitu Mycobacterium vaccae. Karena itu, jangan khawatir tangan kotor terkena saat berkebun.

5. Menghilangkan rasa jenuh

Manfaat berkebun lainnya ialah mengusir rasa jenuh atau stres, terutama bagi seseorang yang pernah mengalami perasaan tertekan. Saat berkebun memang membutuhkan fokus dan ketelitian. Hal itu mampu menjadi pengalihan pikiran penyebab perasaan tertekan tersebut.

Berkebun di rumah memang memberikan banyak manfaat. Namun setidaknya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar kegiatan bercocok tanam tetap aman dan nyaman. Contohnya, sebelum berkebun sangat penting untuk memperhatikan dengan benar petunjuk penggunaan bahan kimia untuk tanaman.

Selain itu, selalu gunakan alas kaki atau sarung tangan khusus sebagai perlengkapan keselamatan. Jadi jika anda ingin sehat jiwa dan raga, jangan ragu untuk mulai berkebun di rumah sekarang.

Claudia