blank
Ilustrasi vertikal garden. Foto: Freepik

SEMRANG (SUARABARU.ID)- Memiliki hobi bercocok tanam namun tidak memiliki area yang luas? Tenang, kamu tetap bisa menyalurkan hobimu dengan membuat vertical garden. Vertical Garden merupakan taman yang dibangun pada lahan vertikal atau tegak lurus.

Penggunaan teknik ini sering digunakan jika lahan yang dimiliki sempit dan terbatas di rumah. Selain itu, Vertical Garden juka bisa menjadi sarana ruang hijau yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan.

Kehadiran vertical garden mampu meningkatkan jumlah oksigen yang lebih banyak sehingga suasana di hunian lebih sejuk. Ketinggian vertical garden pun bisa menghalau sinar matahari yang terlalu terik. Ditambah, polusi udara bisa berkurang.

Baca Juga:Ini 3 Tips Ampuh Mengatasi Tenggorokan Kering Saat Cuaca Panas

Hal yang utama dalam merawat vertical garden adalah memperhatikan penyiraman atau pengariran pada bidang vertical garden.

Vertical garden bisa diletakkan di dalam atau di luar ruangan, lho. Meskipun area sempit namun udara akan tetap terasa sejuk dan nyaman berkat adanya vertical garden ini.

Lalu bagaimana cara membuat vertical garden di rumah? Simak tips lengkapnya berikut ini.

1. Tentukan Tema

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membuat vertical garden adalah memilih tema yang tepat. Tujuannya adalah agar sesuai dengan konsep rumah yang kamu miliki dan tidak bertabrakan.

Kamu bisa memilih tema klasik, modern, tropis, maupun tradisional. Selain itu, tanaman yang akan kamu pilih nantinya juga harus sesuai dengan tema vertical garden milikmu.

Baca Juga: Tips Menggoreng Biar Krispi dan Tahan Lama

2. Tentukan Lokasi

Pada dasarnya, vertical garden cocok diletakkan di dalam maupun luar ruangan. Namun, agar tanaman dapat tumbuh subur maka kamu perlu memastikan tanaman tersebut cukup mendapatkan sinar matahari.

Selain itu, pastikan tembok yang akan digunakan sebagai tempat vertical garden haruslah kokoh, tahan benturan serta tahan terhadap segala cuaca.

3. Siapkan Alat dan Bahan

Setelah menentukan lokasi dan tema vertical garden, maka kamu perlu menyiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan. Seperti misalnya rangka besi, kayu untuk membuat rak tanaman, dan juga kain goni untuk menanam. Selain itu, diperlukan juga peralatan seperti obeng, bor, dan palu.

Baca Juga: Begini Tips Membangun Warung Sederhana di Depan Rumah, Simak yuk!

4. Buat Frame

Langkah selanjutnya dalam proses pembuatan vertical garden adalah membuat frame terlebih dulu. Kamu bisa membuatnya dari kawat tebal atau pipa PVC dengan ukuran tertentu. Hindari menggunakan besi sebagai rangkanya karena akan mudah berkarat.

5. Buat Sistem Drainase

Hal yang tak kalah penting dari vertical garden adalah sistem drainase yang tepat. Fungsi sistem drainase ini adalah untuk mengatur dan menyerap kelebihan air, sehingga tidak menggenang. Membuat sistem drainase yang tepat akan membuat tanaman menjadi tumbuh subur dan sehat.

6. Tentukan Tanaman

Setelah rangka dan sistem drainase siap, maka saatnya kamu menentukan tanaman yang tepat. Sebaiknya pilih jenis tanaman yang memerlukan lingkungan kering dan tidak terlalu lembap.

Jenis tanaman yang cocok adalah dari golongan semak karena jika menggunakan tanaman yang merambat maka akan membuatmu kesulitan ketika merawatnya.

Nah, itulah enam tips membuat vertical garden di rumah. Dengan lahan sempit, kamu tetap bisa menyalurkan hobi berkebun.

Claudia