blank
Ilustrasi. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cuaca panas merupakan meningkatnya suhu dalam periode waktu tertentu. Ada dua jenis cuaca panas yaitu panas kering dan panas lembab. Panas kering ada di sebagian besar iklim gurun. Sedangkan panas lembab terjadi ketika uap air laut naik.

Cuaca panas seperti saat ini memang perlu diwaspadai. Pasalnya ada beberapa masalah kesehatan yang bisa saja muncul saat cuaca panas. Mulai dari dehidrasi, sakit kepala, dan bisa menyebabkan tenggorokan kering.

Penyebab cuaca panas di Indonesia adalah dominasi monsun Australia yang membuat Indonesia memasuki musim kemarau. Pada musim kemarau, umumnya curah hujan di Indonesia akan menurun drastis dan suhu udara menjadi lebih tinggi.

Baca Juga: Tips Menggoreng Biar Krispi dan Tahan Lama

Dilansir dari Suara.com, meskipun bukan masalah kesehatan yang serius, tenggorokan kering dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Tenggorokan kering juga terkadang dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat mengganggu.

Umumnya tenggorokan kering dapat diatasi dengan melihat penyebabnya dahulu. Melansir dari laman Hello Sehat, ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi tenggorokan kering yang bisa dicoba sendiri di rumah.

1. Minum Air Putih

Saat cuaca panas minum air putih dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk mengatasi tenggorokan kering yang biasa terjadi saat cuaca panas. Tubuh yang kekurangan cairan bisa saja menjadi penyebab tenggorokan terasa kering dan sakit. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu memenuhi kebutuhan air tubuh terlebih saat cuaca panas.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Aglonema yang Benar agar Tumbuh Subur

2. Berkumur dengan Larutan Garam

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi tenggorokan kering adalah dengan berkumur dengan menggunakan air garam. Air garam dapat membantu mengatasi tenggorokan kering atau sakit saat cuaca panas.

Garam merupakan antibakteri alami yang mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut. Cara membuat larutan garam juga cukup mudah. Larutkan setengah sendok garam pada segelas air hangat atau dingin kemudian gunakan untuk berkumur sampai tenggorokan terasa lebih lega.

3. Madu

Salah satu manfaat madu yang jarang diketahui adalah dapat membantu mengatasi tenggorokan kering. Selain itu, madu juga bahan alami yang aman digunakan oleh semua umur. Madu dapat membantu menjaga kelembapan tenggorokan dan mencegah tenggorokan kering saat cuaca panas.

Baca Juga: Bye-bye Kulit Kering, Ini 4 Tips Tetap Lembab di Tengah Cuaca Panas

Madu dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan dalam minuman seperti teh dan air putih. Mengonsumsi madu setiap hari juga dapat membantu mencegah tenggorokan kering dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, itu dia beberapa cara ampuh untuk mengatasi tenggorokan kering saat cuaca panas yang bisa kamu coba di rumah. Jika tenggorokan kering tak kunjung membaik, maka segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Claudia