blank
Tanaman aglonema. Foto: Dok/Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagi kamu yang hobi mengoleksi tanaman hias, tentu Aglonema ada diantara tanaman yang kamu koleksi.

Aglonema (Sri Rejeki) merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer dan memiliki banyak peminat. Apalagi jenis tanaman ini mudah dalam perawatannya.

Aglonema dapat tumbuh subur asalkan media tanam, penyiraman, penempatan tanaman, kelembapan, serta pencahayaan yang dilakukan sudah tepat.

Bagi kamu yang baru pertama kali merawat jenis tanaman ini, kamu perlu mengetahui cara perawatannya yang tepat. Kamu juga bisa meletakkan tanaman aglonema ini di dalam ruangan maupun di luar.

Dilansir dari Suara.com, ada lima tips merawat aglonema yang tepat bagi pemula agar dapat tumbuh dengan subur.

1. Siram secara rutin

Aglonema merupakan jenis tanaman yang sangat bergantung pada air untuk bisa tumbuh optimal. Oleh karena itu, kamu perlu menyiram tanaman hias ini secara rutin yaitu sebanyak dua kali sehari. Namun, jika cuaca sedang terik, maka kamu bisa lebih sering menyiramnya.

Teknik penyiraman aglonema yang tepat adalah dengan menyemprotkan air ke media tanam hingga air keluar dari bawah pot.

2. Hindari terkena cahaya berlebihan

Aglonema juga membutuhkan cahaya yang cukup untuk proses pertumbuhannya. Jika cahaya matahari mencukupi maka warna aglonema akan lebih keluar sehingga penampilannya menjadi makin cantik. Namun, jika terkena cahaya matahari secara berlebihan maka akan membuat warna aglonema menjadi pudar.

Tempat terbaik untuk merawat aglonema adalah di ruangan yang beratap khusus sehingga dapat menyaring cahaya matahari.

3. Jaga kelembapan

Hal yang perlu kamu perhatikan dalam merawat aglonema adalah suhu dan kelembapan yang tepat. Tingkat kelembapan yang sesuai untuk jenis tanaman ini adalah 50-75%. Jika aglonema dirawat dengan suhu dan kelembapan yang tepat, maka akan membuat aglonema tumbuh subur, segar, dan menawan.

4. Media tanam yang tepat

Media tanam yang kamu gunakan juga sangat berpengaruh untuk pertumbuhan aglonema. Tanaman aglonema dapat tumbuh dengan subur jika menggunakan media tanam berupa campuran sabut kelapa, sekam bakar, humus kasar, dan pupuk kandang. Hal ini dikarenakan media tanam tersebut memiliki unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan oleh aglonema.

5. Semprot pestisida

Sama halnya dengan tanaman hias lainnya, aglonema juga memiliki risiko terserang hama. Jadi kamu perlu menyemprotkan pestisida secara rutin setiap tiga minggu sekali, agar terhindar dari serangan hama.

Itulah lima tips merawat aglonema yang benar agar tumbuh subur. Semoga bermanfaat!

Ning S