blank
Peresmian gedung baru Fatayat NU Wonosobo oleh Ketua Tanfidziyah PCNU KH Abdurrahman Effendi. Foto : SB/Humas Fatayat NU
WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Gedung baru Fatayat NU yang berada satu komplek dengan Gedung Muslimat NU dan KBIHU Arrohmah, di Jalan Dieng Bugangan Kalianget Wonosobo diresmikan, Minggu (21/5/2023).

Peresmian gedung Fatayat NU berukuran 10 x 19,5 meter tersebut dilakukan Ketua Tanfidziyah PC NU Wonosobo KH Abdurrahman Effendi dan anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Tengah K Ahmad Fadlun Sy.

Ketua PC Fatayat NU Wonosobo Haryati mengatakan peletakan batu pertama pembangunan gedung Fatayat NU telah dilakukan 4 September 2022 lalu dan berhasil diresmikan 21 Mei 2023 kemarin. Gedung baru tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp 400 juta

“Anggaran pembangunan gedung Fatayat NU berasal dari dana organisasi dan bantuan pihak lain yang tidak mengikat. Alhamdulillah, dengan ikhtiar yang dilakukan sahabat-sahabat Fatayat NU dan doa restu kesepuhan di PCNU Wonosobo, gedung tersebut berhasil dirampungkan,” ujarnya.

Menurut perempuan yang juga berprofesi sebagai guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Negeri 1 Kertek itu, pembangunan gedung Fatayat NU itu masih tahap pertama satu lantai. Sebab, di masa mendatang akan dilanjutkan dengan pembangunan lagu gedung lantai dua.

“Selain akan dimanfaatkan untuk Kantor Sekretariat PC Fatayat NU, gedung tersebut juga akan digunakan untuk proses belajar Paket B dan C PKBM Yasmina yang dikelola PC Fatayat NU. Mohon doa restu dari kesepuhan NU dan sahabat-sahabat Fatayat NU. Semoga pembangunan tahap kedua bisa segera dilanjutkan,” harapnya.

Lembaga Baru

blank
Lomba pidato/khitobah dalam rangka hari lahir Fatayat NU ke-73 yang digelar PC Fatayat NU Wonosobo. Foto : SB/dok Humas Fatayat NU

Ketua Tanfidziyah PC NU Wonosobo KH Abdurrahman Effendi mengucapkan terima kasih kepada PC Fatayat NU yang sudah sangat membantu PC NU untuk mensyiarkan ajaran ahlusunnah waljamaah lewat berbagai program dan kegiatan di masyarakat.

“Terlebih dengan telah dimiliki gedung baru Fatayat NU sebagai pusat kegiatan organisasi yang baru saja diresmikan. Semoga Fatayat NU semakin produktif dan bermanfaat untuk ummat,” ujar pengasuh PP Nurun ‘Alannur Bugangan Kalianget Wonosobo itu.

Sementara itu, anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Tengah K Ahmad Fadlun Sy atau yang kerap disapa Gus Fadlun itu, menambahkan kehadiran Fatayat NU sangat bermakna bagi masyarakat. Apalagi dengan keberadaan PKBM Yasmina yang sudah memfasilitasi anak bangsa yang belum atau tidak terlayani sekolah di pendidikan formal.

“Ke depan silahkan PKBM Yasmina lebih dikembangkan lagi. Bisa bekerjasama dengan Pemkab Wonosobo dan Pemprov Jateng untuk mengakses dana pemerintah yang bersumber dari APBD untuk dimanfaatkan guna peningkatan sumber daya manusia (SDM)” ujarnya.

Bersamaan dengan peresmian gedung baru Fatayat NU, juga dilakukan pelantikan Komandan dan pasukan Satkorcab Garda Fatayat NU (Garfa), pengurus Ikatan Hafidzoh Fatayat NU (IHF) dan pengurus Forum Dakwah Fatayat NU (Fordaf) sebagai lembaga pendukung organisasi Fatayat NU.

Diharapkan Garda Fatayat NU (Garfa), Ikatan Hafidhoh Fatayat NU (IHF) dan Forum Dakwah Fatayat NU (Fordaf) akan dapat mewarnai dan menjadikan semua program Fatayat NU bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat.

Usai pelantikan lembaga baru Fatayat NU dan peresmian gedung, dilanjutkan lomba senam gesit Fatayat, MC dan pidato/khitobah dalam rangka Harlah ke-73 Fatayat NU. Lomba diikuti 15 peserta. Pengumuman pemenang lomba akan dilakukan pada acara puncak Harlah ke-73 Fatayat NU, Ahad (28/5/2023) mendatang.

Muharno Zarka