blank
Kapolres bersama rombongan saat menikmati kesejukan dan indahnya air terjun Widuri. Fotoo: Polres Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Bila digali makin dalam, ternyata makin ketahuan, bahwa Grobogan menyimpan potensi wisata yang beraneka ragam. Wisata alam dan budaya bertebaran di Grobogan.

Salah satu wisata alam yang menjadi ikon Grobogan adalan air terjun Widuri. Satu spot wisata tersebut yakni Air Terjun Widuri.

Air Terjun Widuri berada di Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan ini konon sering dikaitkan dengan legenda yang menjadi seting tempat pertemuan antara Dewi Nawang Wulan dengan Jaka Tarub.

Spot tempat wisata yang sudah terkenal sejak dulu ini jadi jujukan Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan beserta rombongan saat bersepeda santai, Minggu 28 Mei 2023.

Kegiatan sepeda santai dengan tujuan tempat wisata Air Terjun Widuri ini dimanfaatkan sebagai upaya meningkatkan stamina serta menjaga kondisi fisik.

blank
AKBP Deddy Anung Kurniawan bwerfoto dengan latar belakang air terjun Widuri. Foto: Polres Grobgan

Di tempat ini, AKBP Dedy Anung Kurniawan memperkenalkan Air Terjun Widuri sebagai ikonik tempat wisata di Kabupaten Grobogan. “Kita bersepeda bersama mencari spot wisata dengan harapan Pemerintah Daerah dapat meningkatkan spot wisata tersebut,” kata AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Perwira polisi asal Pati, Jawa Tengah ini berharap Pemkab Grobogan dan pihak Kecamatan Tawangharjo serta Pemdes Kemadohbatur bisa membuat Air Terjun Widuri ini menjadi lebih rapi dan indah.

“Terkait dengan kondisi keamanan area wisata kita berharap dan mendorong Pemeritah Desa setempat bersama karang taruna dan masyarakat lokal untuk menjaga aset yang telah dibangun,” jelas AKBP Dedy.

“Tujuannya tidak lebih yakni menghindari kerusakan tangan nakal pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Untuk keamanan, pihak kepolisian setempat siap membantu sepenuhnya.” jelasnya.

Air Terjun Widuri memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan arus air yang tidak terlalu deras. Turunnya air ini tidak terlalu besar karena terhalang batu ukuran jumbo yang menonjol di dinding curug tersebut. Sampai di palung utama, air tetap mengalir dengan tenang.

Selain gowes, Kapolres dan jajaran PJU Polres Grobogan beserta anggota Polsek Tawangharjo melakukan aksi bersih sampah di lokasi wisata Air Terjun Widuri.Kapolres Grobogan mengatakan aksi tersebut sebagai bentuk kepeduliannya dalam menjaga kawasan objek wisata bersih dari serakan sampah yang ditinggal wisatawan.

“Mudah mudahan dengan kegiatan ini, bisa meningkatkan kesadaran pengunjung ataupun menjadi contoh bagi para wisatawan agar bisa menjaga kebersihan air terjun Widuri,” ujarnya.

Tya Wiedya