blank
Ilustrasi berkebun. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Berkebun merupakan kegiatan memanfaatkan sebidang tanah atau lahan sebagai tempat menanam tumbuhan menurut. Kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja.

Berkebun bukan hanya sekadar menanam dan merawat tumbuhan saja, ternyata kegiatan berkebun juga memiliki dampak untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Salah satu manfaat berkebun adalah tubuh bisa memproduksi vitamin D. Sebab, jika berkebun di pagi hari, kita biasanya akan terpapar sinar matahari.

Berkebun dapat membantumu belajar berkonsentrasi pada apa yang sedang kamu kerjakan. Berkebun juga bermanfaat untuk mengurangi risiko berkurangnya daya ingat seiring bertambahnya usia. Selain itu, berkebun juga digunakan sebagai terapi bagi penderita demensia.

Baca Juga: Ada Kaktus Hingga Begonia, Ini 4 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Dalam Rumah

Berkebun menjadi salah satu kegiatan yang banyak diminati. Sebagian orang merasa berkebun dapat menjadi hiburan tersendiri. Merawat tanaman dan melihatnya tumbuh subur merupakan suatu kebahagiaan yang tak ternilai.

Selain menjadi sebuah hobi yang menyenangkan, berkebun ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan mental, lho. Dari mulai membuat pikiran menjadi lebih tenang hingga meningkatkan suasana hati. Dilansir dari laman Halodoc, berikut ini lima manfaat berkebun bagi kesehatan mental.

1. Menenangkan Pikiran

Berkebun secara tidak langsung ternyata dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Pasalnya, dengan menanam tanaman di sekitar rumah akan membuat udara menjadi lebih bersih dan rumah menjadi lebih sejuk. Menghirup udara yang segar dan sejuk setiap harinya akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan kamu akan merasa lebih nyaman dalam menjalani aktivitas.

Baca Juga: Tips Membuat Pupuk Agar Tanaman Semakin Lebat

2. Mendorong Pola Makan Sehat

Dengan berkebun, kamu juga akan terdorong untuk menerapkan pola hidup dan pola makan sehat. Terlebih jika kamu menanam sayuran dan buah sendiri di rumah. Kamu bisa mengonsumsinya tanpa takut adanya campuran bahan kimia atau pestisida.

Dengan menanam sayur atau buah sendiri kamu bisa menghindari penggunaan pestisida atau bahan kimia lainnya sehingga buah dan sayuran yang dihasilkan jadi lebih sehat.

3. Sebagai Terapi

Berkebun ternyata dapat menjadi sebuah terapi untuk meringankan gejala depresi, kecemasan, maupun stres. Dengan berkebun maka seseorang akan fokus pada tanaman dan dapat meningkatkan konsentrasi. Sehingga dapat mengurangi gejala kecemasan ataupun masalah kesehatan mental lainnya.

Baca Juga: Dapat Meredakan Gejala Rematik, Ini 5 Manfaat Tanaman Obat Kumis Kucing bagi Kesehatan

4. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat berkebun selanjutnya bagi kesehatan mental adalah dapat meningkatkan suasana hati. Melihat halaman rumah yang hijau dan dipenuhi dengan tanaman yang tumbuh subur dapat menimbulkan perasaan senang. Hormon serotonin dan dopamin dalam tubuh meningkat sehingga kamu menjadi lebih bahagia dan merasa puas.

5. Mempererat Ikatan

Aktivitas berkebun akan membuat kamu bisa memiliki hubungan yang baru dengan orang lain. Kamu bisa mengenal orang yang memiliki hobi yang sama. Kamu bisa ikut komunitas berkebun yang dapat menambah koneksi sosial dan support system. Bahkan tak hanya membahas tentang tanaman kamu juga bisa bertukar banyak cerita dan pengalaman hidup dengan teman satu komunitas.

Nah, itulah lima manfaat berkebun bagi kesehatan mental. Tertarik untuk berkebun?

Claudia