blank
Siti Atikoh berbincang akrab dengan Ashanty, istri Anang Hermansyah, saat mengikuti kajian tentang pola asuh anak. Foto: tmgp

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Istri Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI 2024, Siti Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan, pola asuh anak harus mengikuti perubahan zaman. Selain itu juga, mesti memperhatikan perbedaan mendidik anak perempuan dan laki-laki.

”Bagaimana ketika kita menasihati anak. Anak perempuan dan laki-laki approach-nya tentu berbeda,” kata Atikoh, usai menghadiri kajian bersama dr Aisah Dahlan CHt, di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023).

Dijelaskan dia, kepada anak laki-laki memang harus lebih persuasif. Sedangkan pada anak perempuan, mesti melihat pada kondisinya. Apalagi disebutkan oleh dr Aisah Dahlan, seorang dokter yang juga konsen pada isu-isu parenting, hal ini juga dipengaruhi perbedaan pada otak di awal perkembangannya.

BACA JUGA: Ruang Hiburan Bahari Inn Kota Tegal Terbakar

”Kalau perempuan cenderung lebih seimbang antara kanan dan kiri, laki-laki memang berbeda,” ujarnya.

Atikoh menambahkan, hal ini pun berpengaruh pada keseharian dari seorang anak.

”Misalnya laki-laki itu pandangannya ke depan, kalau yang di samping-samping kadang tidak lihat. Jadi misalnya nyari-nyari barang di rumah, biasanya ibu-ibu yang paling paham,” ucap Atikoh tersenyum.

BACA JUGA: Warga Manggarmas Kaget, Muncul Nyala Api di Tengah Sawah

Ibu satu anak itu juga menyampaikan, fakta itu diamini banyak orang. Oleh karena itu, hal ini mesti diedukasi ke orang tua, terutama ibu-ibu muda masa kini. Dia pun mendorong edukasi seperti ini, untuk lebih dimasifkan lagi.

”Keren sekali, ini ilmu bagi ibu-ibu terutama ibu muda. Ini juga bisa ditularkan kepada ibu-ibu yang lain. Harapannya, dengan kita memahami parenting, kita bisa mendidik anak kita sesuai dengan zamannya,” ucap Atikoh.

Perempuan kelahiran 1971 itu menuturkan, pola parenting harus selalu dinamis. Tak hanya menyesuaikan zaman, tetapi juga disesuaikan usia dan kondisi sang anak.

BACA JUGA: Optimalisasi Pelaksanaan Rekrutmen Bintara Polri di Polres Grobogan

blank
Usai mengikuti acara kajian bersama dr Aisah Dahlan CHt, Siti Atikoh berfoto bersama beberapa selebriti, seperti Krisdayanti dan Aurel. Foto: tmgp

”Karena pasti berbeda, ketika gaya parenting sekarang kemudian gaya orang tua saya dulu, itu pasti akan berbeda. Dan harapannya, orang tua bisa paham. Tentu diperlukan peran kedua belah pihak, baik bapak maupun ibu, sehingga bisa lengkap, karena approach-nya itu berbeda,” tandasnya.

Sementara dalam kegiatan itu, dr Aisah Dahlan yang juga pendakwah menjelaskan, ada perbedaan pada berkembangnya otak anak laki-laki dan perempuan.

”Kalau anak perempuan itu perkembangan otaknya cenderung seimbang. Kalau laki-laki awal pembentukannya cenderung besar kanan. Makanya mereka lebih aktif bergerak,” terang dr Aisah.

BACA JUGA: Bimtek Wirausaha Baru IKM, AKK : “Perlu Edukasi Pasar Digital!”

Oleh karena itu, pola asuh pun harus disesuaikan. Jika kepada anak perempuan nasihat bisa lebih mudah diterima, kepada anak laki-laki di momen tertentu harus ekstra persuasif.

Lebih lanjut dipaparkan dia, hal ini juga berdampak pada sikap ketika dewasa. Orang tua harus menyadari dan memahami perbedaan zaman, sehingga pola asuh bisa menyesuaikan.

Riyan