blank
ASAP TEBAL - Selama sekitar empat jam petugas pemadam kebakaran menembus asap tebal untuk memadamkan api yang membakar ruang Karaoke Musro Bahari Inn Kota Tegal. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Salah satu Music Room (Musro) Ruang Karaoke TV and Lounge Bahari Inn Jalan Dr Wahidinsudirohusodo Kota Tegal, terbakar pada Selasa (24/10/2023).

Kebakaran terjadi sekira pukul 10.40 WIB. Meski tidak ada kobaran api yang terlihat dari luar hotel, petugas pemadam kebakaran memakan waktu empat jam untuk memastikan pemadaman api dan pendinginan.

“Kebakaran terjadi dari salah satu ruangan tempat karaoke sepertinya konsleting dari kipas exhaust. Tapi persisnya kita belum tahu dari mana asal api,” kata Kabid Penyelamatan dan Pencegahan Kebakaran Satpol PP Kota Tegal, Teguh Supriyanto SH, saat dikonfirmasi Selasa (24/10/2023).

Teguh menjelaskan, kobaran api tidak begitu besar karena di dalam ruangan yang penuh bahan peredam suara hingga kepulan asap yang kuat. “Hanya satu ruangan karaoke yang terbakar. Karena posisinya di dalam, butuh waktu lama untuk proses pemadaman dan pendinginan. Pukul 15.30 kita baru selesai,” terang Teguh.

Sedikitnya tiga unit kendaraan, dan dua dari Kabupaten Brebes dikerahkan untuk proses pemadaman selam empat jam. “Karena asap didalam tebal kami yang masuk TKP harus menggunakan oksigen,” ujarnya.

Terpisah, General Manager Bahari Inn, Suharso menyampaikan, kebakaran terjadi di ruang karaoke. “Kebakaran terjadi kemungkinan dari hubungan arus pendek atau korsleting,” kata Suharso.

Untuk kerugian Suharso belum bisa menaksir karena masih dalam proses pendinginan. “Kalau kerugian kita belum bisa menaksir karena masih butuh waktu untuk melihat apa saja¬† kerusakannya,” tutup Suharso.

Menurut sumber di lokasi, awal yang mengetahui kebakaran dari petugas cleaning service yang saat itu akan bekerja tiba-riba melihat kepulan asap keluar dari salah satu ruang karaoke. Melihat kepulan asap petugas cleaning service melaporkan ke Satpam.

Sutrisno