Api yang menyala di tengah sawah milik warga Manggarmas. Foto: Humas Polres

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Warga Manggarmas, Godong, Grobogan dikejutkan munculnya api di tengah sawah.

Api yang muncul di tengah sawah tersebut diketahui sejak Sabtu, 21 Oktober 2023. Hingga Selasa, 24 Oktober 2023 hari ini api tersebut masih belum padam.

Kapolsek Godong, Iptu Bambang Jumena menerangkan, kejadian ini diketahui pertama kali saat Ali Saifuddin, anak Mundhakir ini mengambil tanah kering untuk meninggikan sawah sebagai antisipasi di musim hujan.

Rupanya saat itu, Saifuddin menemukan sumber api berukuran sedang berkedalaman 30 sentimeter dan berdiameter 5-8 sentimeter.

Ali Saifuddin langsung melaporkan ke kelompok tani di Desa Manggarmas dan diteruskan ke Polsek Godong, Selasa, 24 Oktober 2023.

Iptu Bambang Jumena menuturkan, dari keterangan pemilik sawah, sekitar tahun 1990 diduga ada proyek Pertamina yang mencari titik pengeboran minyak bumi dengan metode seismik.

Banyak warga mendekat di sekitar lokasi kejadian malam ini. Foto: Humas Polres

“Dalam proyek tersebut, menurut pemilik sawah, terdapat penembakan gelombang peledak atau dinamit di beberapa titik seluas kurang lebih lima hektar di sawah milik penduduk setempat,” ujar Iptu Bambang Jumena.

Setelah dilakukan penembakan, ternyata tidak ada sumber minyak bumi.
“Pada tahun 2000, saat musim hujan tiba, sawah tergenang banjir dan di lokasi tersebut kerap muncul air yang mengeluarkan gelembung kecil,” kata Iptu Bambang.

Kapolsek mengimbau warga agar tidak terlalu mendekat ke lokasi sumber api saat melihat fenomena tersebut.

“Untuk antisipasi saja, karena belum diketahui fenomena itu berpotensi membahayakan atau tidak. Yang kami khawatirkan, tiba-tiba muncul ledakan atau api yang membesar dan memberi dampak pada warga sekitar yang saat itu sedang berada di sekitar lokasi,” ujar Iptu Bambang Jumena.
Tya Wiedya