Sejumlah pimpinan ormas di Kebumen bersama Kapolres AKBP Burhanuddin berkomitmen wujudkan Pemlu damai, Selasa 24/10.(Foto:SB/Humas Polres Kbm ).

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemilu 2024 semakindedkat. Sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Kebumen menggelar deklarasi Pemilu damai.

Deklarasi dilakukan di hadapan Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin, di ruang pertemuan di salah satu rumah makan, Selasa 24 Oktober 2023.

Dari kegiatan tersebut Ormas di Kebumen berkomitmen terhadap penyelenggaraan Pemilu yang aman, damai dan berintegritas.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menjelaskan, deklarasi dilaksanakan sebagai bentuk menjunjung tinggi nilai demokrasi selama tahapan pemilu hingga paripurna nanti.

“Situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif ini bukan hanya semata kerja Polres Kebumen tetapi juga peran rekan-rekan semua. Terlebih saat ini kita telah memasuki tahapan Pemilu yang harus disukseskan bersama,”ujar AKBP Burhanuddin.

 

Menurut Kapolres, perbedaan pilihan merupakan hal yang sangat wajar terjadi saat pesta demokrasi. Perbedaan bukan menjadi suatu perpecahan, melainkan bumbu demokrasi yang harus dihormati satu sama lain.

Selesaikan Kekeluargaan

Kapolres juga berpesan kepada Ormas yang ada di Kebumen agar benar-benar bisa menjaga situasi kondusif selama gelaran pemilu. Jika terjadi konflik, hendaknya diselesaikan secara kekeluargaan sehingga tidak menjadi masalah yang lebih melebar.

Ormas yang ada di Kebumen cukup banyak dan beragam. Kapolres mengimbau kepada tiap-tiap perwakilan mampu mengendalikan anggotanya sehingga tidak terjadi permasalahan yang dapat mengganggu terselenggaranya Pemilu.

AKBP Burhanuddin menegaskan, Polres Kebumen siap jika harus menjadi mediator penyelesaian masalah atau pun gesekan.

“Kami Polres Kebumen siap memfasilitasi. Tolong sama-sama mengendalikan anggota yang ada. Selanjutnya jangan pernah terpancing terhadap isu-isu hoaks yang dapat membuat perpecahan. Semua bisa diselesaikan dengan baik. Mari tunjukkan, Kebumen aman dan kondusif,”tandasnya.

Marifun Arif perwakilan dari PSHT menyatakan, deklarasi Pemilu Damai di Kebumen menjadi tonggak pegangan seluruh ormas untuk bersama-sama mewujudkan serta menciptakan Pemilu yang kondusif.

Sigit Sabarianto perwakilan Pemuda Pancasila Kebumen mengungkapkan, kegiatan semacam ini perlu dilakukan secara rutin, bahkan setelah pemilu usai, sehingga akan lebih mempererat Ormas yang ada di Kebumen.

“Harapan kami bukan hanya kali ini saja, tetapi menjadi rutinitas. Bahkan bisa diagendakan setiap bulan dengan momen-momen tertentu sehingga Kebumen tetap aman, kondusif, damai, sejahtera, lahir dan batin,”ucap Sigit Sabarianto.

Komper Wardopo