blank
Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Komunikasi Mahasiswa Islam Universitas Semarang (UKM Fokmi USM) melakukan ziarah ke makam Walisongo, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – -Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Komunikasi Mahasiswa Islam Universitas Semarang (UKM Fokmi USM) melakukan ziarah ke makam Walisongo, baru-baru ini.

Kegiatan yang diikuti 30 perserta itu diikuti anggota, Dewan Syuro UKM Fokmi dan karyawan USM.

Menurut Ketua Panitia, Muhammad Rif’an, ada 16 makam wali yang dikunjungi di antaranya KH Sholeh Darat, Habib Ahmad, Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, KH Mutamakin Kajen, Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Asmoroqondi, Sunan Drajat, Syaikona Kholil Bangkalan Madura yang tersebar di pulau Jawa.

”Tujuan ziarah wali ini untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, dengan mengenal para penyebar agama Islam di Pulau Jawa , sehingga kita semakin tambah pengetahuan tentang bagaimana metode penyebaran Islam di Nusantara,” katanya.

Tujuan lain dari ziarah wali, katanya, untuk mengingatkan akan kematian, meneladani apa yang telah dilakukan oleh para wali dalam menjalankan ibadah kepada Allah Swt , serta membangkitkan semangat untuk semakin meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt.

Muhaimin