Ilustrasi hamster. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Hamster merupakan salah satu jenis hewan pengerat yang lumrah dijadikan binatang peliharaan di rumah-rumah. Hewan yang mirip dengan tikus atau pun marmut ini memang cukup menggemaskan dan seringkali menjadi primadona bagi orang-orang yang gemar memelihara binatang berukuran mini.

Hamster juga menarik menjadi pilihan untuk hewan ternak. Harga hamster di pasaran bisa dibilang lumayan menjanjikan. Hamster dapat dikembangbiakkan sebagai peliharaan, bahan baku industri, hewan laboratorium, hingga pembantu sejumlah pekerjaan manusia.

Ada juga beberapa manfaat memelihara hamster, mudah dalam perawatan. Tidak hanya itu, kelebihan dari memelihara hamster itu sendiri adalah bahwa dalam perawatannya kita akan mendapatkan kemudahan, berbeda dengan hewan lainnya hamster dapat dirawat dengan cara sesederhana mungkin.

Baca Juga: Tips Bersihkan Bulu Hewan Pada Kursi Sofa

Hamster adalah makhluk omnivora. Makanan mereka biasanya butir padi, tetapi juga termasuk buah segar, akar, bagian hijau tumbuhan, invertebrata dan beberapa binatang kecil lainnya (serangga seperti belalang).

Dilansir dari Suara.com, bagi kamu yang sering memelihara hamster, umumnya akan memberikan pakan seperti biji-bijian ataupun pelet hamster yang disedikan di petshop.

Namun, selain mengonsumsi kedua jenis pakan tersebut. Sesekali berikan hamstermu makanan alami lain agar tidak mudah bosan dengan jenis makanan yang sering dia konsumsi sehari-hari. Berikut 3 makanan alami yang bisa kamu berikan kepada hamster peliharaanmu dilansir dari situs halodoc.com.

Baca Juga: Tips Mengusir Tikus Dari Dalam Rumah

1. Buah-buahan

Hamster seperti lazimnya hewan pengerat omnivora lannya juga mengonsumsi beberapa makanan selain biji-bijian sebagai makanan pokok. Salah satu makanan alami yang bisa kamu berikan kepada hamstermu adalah buah-buahan segar.

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah-buahan tentunya sangat cocok dikonsumsi oleh hamster sekaligus menambah sistem imunitas hewan peliharaanmu.

Beberapa jenis buah-buahan segar yang bisa kamu berikan kepada hamstermu adalah apel, semangka, anggur, blueberry, stroberi dan beberapa jenis buah segar lainnya.

Baca Juga: Tips Mengusir Tikus Dalam Rumah

Namun, jangan pernah memberikan buah-buahan kaleng ataupun buah-buahan kering kepada hamstermu. Umumnya buah-buahan kaleng dan kering telah diberikan gula berlebih dan pengawet.

2. Sayur-sayuran Hijau

Sayur-sayuran hijau juga dapat diberikan kepada hamster selain pemberian biji-bijian sebagai pakan pokok. Pemberian sayuran hijau yang kaya vitamin dan mineral dapat berperan cukup baik bagi kesehatan hamstermu.

Selain itu, serat dalam sayuran hijau juga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan hamster. Kandungan air yang terdapat dalam sayuran hijau juga dapat menopang asupan air bagi hamster.

Baca Juga: Ingin Peliharaan Hewan di Kos? Lima Hal yang Perlu Diperhatikan

Beberapa sayuran hijau seperti selada, bayam, kembang kol, brokoli dapat diberikan kepada hamster. Beberapa sayuran lain seperti wortel, mentimun. Lobak juga dapat diberikan sesekali kepada hamster. Namun, usahakan kamu memotong kecil-kecil terlebih dahulu sayuran tersebut agar lebih mudah digengam oleh hamstermu ketika dimakan.

3. Jangkrik

Meskipun dominan memakan sayuran, buah dan biji-bijian, hamster tetap memerlukan asupan protein hewani. Salah satu pakan alami sebagai sumber protein hewani yang dapat kamu berikan adalah jangkrik.

Jangkrik kaya akan kandungan protein yang baik untuk hamster. Kamu bisa memberikan jangkrik yang masih hidup ataupu jangkrik yang telah mati dengan cara memotong kepalanya. Akan tetapi, pemberian pakan jangkrik ini usahakan jangan terlalu sering karena dikhawatirkan membuat hamster menjadi lebih agresif.

Nah, itulah beberapa pakan alami selain biji-bijian yang dapat diberikan kepada hamster peliharaanmu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia