blank
Ilustrasi hewan peliharaan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Di kamar kost seorang diri seringkali membuat kita merasa bosan, oleh karena itu terkadang kita ingin membawa hewan peliharaan ke kost sebagai hiburan. Namun, memelihara hewan di kost bukan hal yang bisa asal Anda lakukan.

Dilansir dari Suara.com pasalnya, kost bukanlah tempat pribadimu, ada banyak orang disana sehingga ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan kalau ingin membawa hewan peliharaan ke kost.

1. Izin

Sebelum memelihara hewan, terutama hewan seperti kucing, hamster, sugar glider, dan burung, pastikan kamu sudah mendapat izin dari ibu kost terlebih dahulu karena di dalam kos terdapat banyak penghuni. Hewan-hewan tersebut membutuhkan tempat yang cukup banyak dan mengeluarkan bunyi-bunyian, dikhawatirkan tindakanmu itu malah mengganggu penghuni yang lain.

2. Kebutuhan Sehari-harinya

Hewan peliharaan pada umumnya membutuhkan makanan, minuman, vitamin, dan lain-lain. Pertanyaannya, apakah kamu mampu untuk memenuhi kebutuhan itu? Mungkin saat ini bisa lebih mudah karena bisa pesan lewat e-commerce, jadi tidak perlu khawatir kalau di dekat kostmu tidak ada pet shop.

3. Tempat

Perhatikan juga tempat untuk hewan yang akan kamu pelihara, mereka tentu membutuhkan kandang untuk makan dan tidur. Apakah kamar kostmu memadai untuk ditempati hewan tersebut? Jangan sampai dengan adanya hewan itu kamar kostmu jadi berantakan, atau sebaliknya, kamu memaksakan hewan tersebut di kostmu sehingga dia merasa tidak nyaman.

4. Pertimbangkan dengan Waktumu

Waktu juga perlu dipertimbangkan ya, maksudnya dengan segala kesibukan tersebut apakah kamu masih mampu memberi dia makan, membersihkan kandang, sesekali mengajaknya keluar, dan lain-lain. Kalau kamu sendiri sudah sangat sibuk, dikhawatirkan hewan peliharaanmu malah terbengkalai.

5. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Ini hal yang paling penting, pertimbangkan juga dengan kondisi keuangan. Kalau keuanganmu pas untuk makan sehari-hari, mungkin kamu bisa memelihara hewan yang tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan. Karena hewan juga butuh makan dan perawatan apabila dia sakit. Intinya, kondisi keuanganmu harus tetap baik.

Claudia